Bupat Semarang H Mundjirin bersama Wakil Bupati Semarang senam bersama jajaran RSUD Ambarawa dan SKPD di Ambarawa. FOTO:HMS/UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. AMBARAWA- Pelayanan publik yang mengandalkan teknologi informasi mengantarkan RSUD Ambarawa memperoleh penilaian sangat baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI. Efektifitas kinerja pelayanan publik selama tahun 2018 menjadi indikator keberhasilan penilaian pada RSUD Ambarawa.

Direktur RSUD Ambarawa dr Rini Susilowati MKes mengatakan, pelayanan prima yang memanfaatkan teknologi informasi, diantaranya pendaftaran online, kotak saran secara online, maupun data kondisi nyata fasilitas rumah sakit yang dapat diakses masyarakat setiap saat.

Rini menjelaskan, penghargaan dari Kementerian PAN RB tersebut berdasarkan hasil evaluasi terhadap pelayanan publik RSUD di 208 Kabupaten/Kota di tanah air. Aspek penilaian meliputi layanan publik, operator pelayanan dan pengguna layanan.

Selain itu lanjutnya, pelayanan pendaftaran berobat secara online terus dikembangkan sejak diperkenalkan pertama kali di 2015 lalu, dan juga disediakan fasilitas pengaduan secara elektronik. Sehingga dapat mudah ditindaklanjuti oleh tiap bagian pelayanan.

“Tidak hanya itu, setiap tahun para pegawai RSUD yang berjumlah 500 orang lebih secara bergiliran mengikuti pelatihan service excellent. Tujuannya untuk menjamin mutu pelayanan prima yang telah dilaksanakan selama ini,” ujar Rini.

Hal lain, lanjut Rini, penambahan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan juga terus dilakukan. Termasuk pembangunan instalasi bedah sentral berlantai dua dan unit bersalin berlantai juga sudah selesai tahun 2017 lalu.

Bupati Semarang Mundjirin mengingatkan seluruh jajaran RSUD Ambarawa untuk terus menjamin mutu pelayanan prima kepada pasien dan masyarakat. Layani dengan senyum semua pasien dan warga yang datang ke RSUD.

“Sebab itu menjadi salah satu obat untuk kebaikan bersama. Berikan perlakuan dan pelayanan yang sama kepada pasien tanpa melihat latar belakang sosial maupun status jaminan kesehatan yang dimilikinya,” tegas Bupati saat acara Senam Bersama di halaman depan RSUD Ambarawa, Jum’at (4/1) pagi.

Hadir pula pada acara senam bersama itu, Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Sekda Gunawan Wibisono, pimpinan SKPD dan seratusan staf dari berbagai SKPD.

Sementara itu petugas Humas RSUD Ambarawa Danang menambahkan, dengan pelayanan pendaftaran berobat secara online, warga yang membutuhkan merasa nyaman.

“Mereka bisa mendaftar bahkan pada pukul 01.00 WIB atau dini hari. Tidak ada komplain dari pendaftar yang datang langsung karena mereka tahu ada fasilitas online itu,” terangnya. (HMS/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here