UNGARANNEWS.COM. GETASAN: Kondisi bayi yang ditemukan warga tergeletak di pinggir jalan Raya Kopeng, tepatnya di Dusun Tambangan Desa Sumogawe  Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, hingga kemarin semakin membaik.

Meski masih berada dalam inkubator untuk mendapatkan perawatan intensif, namun kondisi kesehatan menunjukkan perkembangan menggembirakan. Hal ini membuat perawat yang menangani merasa senang dan gemas, meski terbersit perasaan iba karena ibunya tega membuang bayi perempuan imut tersebut.

“Bayinya cantik makin menggemaskan. Kondisinya makin kuat dan membaik. Sebenarnya kami juga merasa kasihan melihat nasibnya yang dibuang orangtuanya,” ujar seorang perawat RSUD Salatiga yang enggan disebutkan namanya, Selasa (12/3/2019).

Kasubag Humas RSUD Salatiga, Nugroho Prasetyaningsih melalui pesan singkat, menjelaskan  saat ini pihaknya merawat bayi tersebut di inkubator di Ruang IGD RSUD Salatiga.

Dijelaskan, dokter anak sudah melakukan tindakan cek darah dan pemberian vitamin K. Secara fisik bayi yang masih merah itu dalam keadaan baik dan sehat. Berat dan panjang tubuh bayi ini juga ideal.

“Tali pusar masih menempel waktu dibawa kesini. Kami timbang beratnya 2,1 kg dan panjang 42 cm. Kami terus memantau kondisi bayi dan selalu berkoordinasi dengan tim dokter anak,” ungkap Nugroho.

Kapolsek Getasan AKP Masrurun mengatakan saat ini jajarannya masih menangani kasus pembuangan bayi mengenaskan. Pihaknya masih terus melakukan penyelidikan untuk memburu orang yang tega membuang bayi yang baru dilahirkan tersebut.

“Kami masih terus melakukan penelusuran siapa orang tua yang tega membuang bayi perempuan ini. Jajaran masih di lapangan untuk menelusuri bayi tersebut kemungkinan dilahirkan warga sekitar atau dibuang orang dari luar Getasan,” ujarnya, Selasa (12/3/2019).

Disebutkan, bayi tersebut ditemukan  Sumiyem dan Sigit Nugroho sekitar pukul 06.15 WIB saat keduanya pulang dari Kota Salatiga.

Pada saat di temukan bayi perempuan tersebut dalam keadaan hidup dengan dibalut kaos warna cream dan jaket warna biru tua. Melihat kondisinya diperkirakan bayi tersebut belum lama dibuang disitu dan baru beberapa saat dilahirkan. Tali pusarnya saat itu masih melekat. (abi/muz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here