UNGARANNEWS.COM.TEMANGGUNG- Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Desa Sanggrahan Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung sudah mulai overloaded.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Temanggung, Sriyono mengungkapkan, sejak awal tahun 2019, sampah yang msuk ke TPA sudah melebihi batas maksimal.

Dalam kondisi normal, TPA Sanggrahan per harinya menampung sampah hingga 60 ton. Tapi saat ini sampah yang masuk sudah mencapai 65 ton sampah sehari. Jumlah ini sudah melebihi kapasitas penerimaan sampah.

“Bayangkan saja, dalam sehari overloaded sampahnya sudah mencapai 5 ton, kalau ini terus terjadi tidak menutup kemungkinan TPA Sanggaran akan cepat penuh,” tuturnya.

Membludaknya sampah yang masuk ke TPA, dikarenakan semua sampah rumah tangga dibuang ke tempat itu. Masyarakat sepertinya tidak peduli lagi dengan sampah yang mereka hasilkan. Sebagian besar sampah yang masuk ke TPA ini adalah sampah rumah tangga.

Di wilayah Kabupaten Temanggung yang mendapat pelayanan kebersihan sampah baru 80 desa dan kelurahan di 20 kecamatan yang ada. (ist/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here