Warga menyalakan lilin ketika kampanye memperingati ÒEarth Hour 2016Ó di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (19/3). Aksi tersebut bertujuan mengajak masyarakat untuk mamatikan lampu selama 60 menit guna menghemat pemakaian listrik. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/pd/16

UNGARANNEWS.COM. MAGELANG-
Peringatan Global Earth Hour diadakan di sejumlah titik di Kota Magelang, akhir pekan lalu. Diantaranya diadakan puluhan anggota Komunitas Magelang Bersepeda dengan gowes bersama keliling kota.

“Selain Komunitas Magelang Bersepeda, juga diikuti beberapa komunitas lainnya. Kampanye ini kita lakukan dengan cara berkeliling, bergerak tanpa asap untuk mendukung Global Earth Hour secara serentak,” kata anggota Komunitas Magelang Bersepeda, Siska Sri Yoga.

Kegiatan diawali dengan berkumpulnya puluhan pesepeda yang berasal dari Magelang di Monumen Pancasila, Jalan Pahlawan, Kota Magelang.

Sejenak kemudian, sejumlah lampu penerangan yang ada di kawasan monumen dipadamkan selama satu jam. Monumen Pancasila dan sekitarnya mendadak jadi gelap.

“Sekitar 30 orang yang hadir, mereka merupakan anggota dari berbagai komunitas seperti Komunitas Sepeda Lipat, Low Rider, Komunitas Onthel, MTB, dan lainnya,” jelasnya.

Mereka melakukan kampanye earth hour ini dengan mematikan lampu, lalu mengganti penerangan menggunakan lilin. Earth Hour merupakan gerakan lingkungan yang diinisiasi WWF, organisasi pelestarian global yang bekerja di 100 negara di dunia. (ist/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here