UNGARANNEWS.COM. DPRD-
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Semarang mengadakan Apel Siaga Patroli di halaman gedung DPRD Kabupaten Semarang, Jumat (12/4/2019) pagi.

Apel dihadiri Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Desa/Kelurahan, dan Pengawas TPS (PTPS) se-Kabupaten Semarang.

“Jumlah keseluruhan petugas Panwaslu dari kecamatan, desa/kelurahan hingga PTPS yang hadir di kegiatan Apel Siaga pagi ini sekitar 580 personil. Kita adakan Apel Siaga untuk pemantapan kegiatan pengawasan yang akan kita intensifkan memasuki masa tenang mulai besok minggu,” ujar Ketua Bawaslu Muhammad Talkhis seusai Apel Siaga.

Melalui kegiatan ini Bawaslu juga mengecek kesiapan anggota yang akan melakukan patroli kesiapan di wilayah masing-masing.

“Kita intensifkan patroli pengawasan untuk meminimalisir pelanggaran Pemilu yang masa saat ini sangat rawan terjadi. Terutama upaya untuk mencegah politik uang yang terjadi sebelum pelaksanaan pencoblosan. Ini yang menjadi prioritas Bawaslu bersama semua jajaran,” tegasnya.

Di sisi lain Talkhis juga menyampaikan kepada jajaran senantiasa turut mensosialisasikan kepada masyarakat agar menjaga kondusifitas selama Pemilu.

Diharapkan pemilihan legislatif, perwakilan daerah, dan pemilihan presiden dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Semarang, Syahrul Munir menambahkan, bahwa masa tenang berpotensi terjadi kecurangan dan pelanggaran dalam bentuk politik uang dan pelanggaran lainnya.

“Kondisi saat ini rentan terjadi pelanggaran sampai pada hari pemungutan suara mendatang. Melalui  Apel Siaga seluruh jajaran Bawaslu kita beri ‘alarm’ agar lebih waspada dan meningkatkan pengawasan,” ujarnya kepada UNGARANNEWS.COM seusai Apel Siaga.

Menurutnya, Bawaslu Kabupaten Semarang akan melakukan patroli pengawasan di 19 kecamatan, se-Kabupaten Semarang difokuskan mulai tanggal 14-16 April 2019.

Disebutkan kegiatan Apel Siaga Bawaslu diadakan di halaman gedung DPRD Kabupaten Semarang dengan harapan ada dukungan dari anggota DPRD yang juga saat ini sebagai Caleg untuk turut menjaga ketenangan dengan tidak melakukan pelanggaran.

“Kita aktif melakukan pengawasan berharap Caleg tidak melakukan money politics dan kecurangan. Kita berharap Pemilu ini menghasilkan anggota DPRD yang benar-benar berkualitas dan bermartabat,” tandasnya. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here