Aksi anggota Satlantas Polres Purbalingga saat memberikan pesan tertib berlalu lintas di jalan. FOTO:HMS/UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. PURBALINGGA– Ada banyak cara untuk menarik perhatian anak-anak agar mengerti dan memahami pesan-pesan yang disampaikan polisi humanis. Seperti yang dilakukan anggota Satlantas Polres Purbalingga melalui Unit Dikyasa saat memberikan pendidikan tertib berlalu lintas terhadap siswa.

Dalam pelaksanaan ini, Unit Dikyasa memberikan materi tertib belalu lintas di SD Negeri 3 Purbalingga Lor, kemarin. Menggunakan cara humanis dan mudah dipahami anak-anak saat memberikan contoh perilaku tertib berlalu lintas di jalan raya.

Bahkan personel dari Unit Dikyasa memberikan contoh dengan cara bermain bersama sehingga menambah antusias siswa mengikuti materi yang disampaikan.

Dalam kesempatan tersebut, dijelaskan juga pelanggaran-pelanggaran lalu lintas yang sering dilakukan masyarakat. Disampaikan akibat pelanggaran lalu lintas yang dilakukan bisa menyebabkan kecelakaan. Dengan contoh yang diberikan melalui sejumlah permainan siswa tampak senang dan memahami apa yang disampaikan polisi.

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Sukarwan melalui Kanit Dikyasa Ipda Wagimin menyampaikan bahwa kegiatan pemberian pendidikan tertib berlalu lintas akan terus kita lakukan. Sasarannya siswa sekolah mulai dari PAUD, TK, SD, SMP maupun SMA.

“Harapan kegiatan tersebut yaitu mengajak siswa tertib berlalu lintas sejak dini. Selain itu, memberikan pemahaman akibat yang ditimbulkan dari pelanggaran lalu lintas. Sehingga mereka bisa tertib dan tidak melakukan pelanggaran,” ucapnya.

Wagimin menambahkan pembinaan terhadap siswa kita bedakan sesuai tingkatannya. Untuk pembinaan di sekolah dasar yang kita laksanakan hari ini, kita sampaikan materi berikut contoh langsung terhadap siswa yang dikemas dengan sejumlah permainan. Harapannya siswa sekolah dasar paham aturan lalu lintas sejak dini. (hms/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here