UNGARANNEWS.COM. BREBES¬†–¬†Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes berdasarkan validsi data (valdat) terakhir menyebutkan, warga Brebes yang mengalami gangguan jiwa mencapai sebanyak 3.915 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Brebes Sartono mengatakan, meski jumlah penderita ganguan jiwa mencapai ribuan namun masih bisa disembuhkan. Salah satunya dengan memberikan perhatian khusus kepada penderita gangguan jiwa.

“Orang gila sebenarnya bisa disembuhkan. Asalkan pihak keluarga terus men-support dan memberikan perhatian serta memeriksakan dan memberi obat kepada penderit agangguan jiwa,” ujarnya.

Sebaliknya, jika pihak keluarga tidak memberikan perhatian khusus kepada penderita gangugan jiwa, maka proses penyembuhan akan susah.

Padahal, saat ini, kata dia, pihaknya melalui petugas kesehatan ditiap puskesmas sudah diinstruksikan dalam memberikan pelayanan terhadap penderita gangguan jiwa.

“Kalau sudah ada petugas yang koperatif memberikan pengobatan tapi pihak keluarga tidak mendukung sama saja. Jadi perhatian keluarga penderit gangugan jiwa sangat penting dalam proses penyembuhan,” pungkasnya. (rateg/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here