Petugas damkar berupaya memadamkan api yang membakar truk di depan SPBU Babadan Kecamatan Warureja. FOTO:RATEG

UNGARANNEWS.COM. TEGAL- Truk dengan nopol AG 9740 PE yang membawa muatan bahan kimia terbakar di jalur Pantura Tegal-Pemalang, tepatnya di KM 21, Desa Kedungkelor Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, Selasa (9/7/2019) pukul 07.15.

Dari informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, kejadian berawal saat truk melaju dari arah Jakarta menuju Semarang dengan muatan zat kimia berupa sabun dan cairan sodium metabisulphite (H2 O2) dengan berat masing-masing 1.000 kilogram sabun yang terbungkus karung serta 2.450 kilogram yang berbentuk cair berada di 70 buah galon ukuran 35 kilogram.

Sopir truk Ali As’at mengatakan jika kejadian bermula saat kendaraan yang dia kemudikan melintas di jalur Pantura. Saat itu, dia mengaku melihat kepulan asap dari bagian belakang truk yang dikemudikan.

“Setelah melihat asap, saya berhenti untuk mengecek,” katanya.

Ternyata, barang bawaan berupa sabun dan cairan zat kimia berbentuk cair banyak yang tebakar. Kerugian diperkirakan sekitar Rp 75 juta. Beuntung, truk tidak mengalami kerusakan. Hanya muatan yang terbakar. Setelah melihat muatan terbakar, pengemudi langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran di pos terdekat.

“Saya langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran dibantu petugas SPBU agar kebakaran tidak meluas,” bebernya.

Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Berlian Adjie melalui Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat dan Damkar Kusnadi saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

Menurut dia, setelah mendapat informasi dari petugas SPBU dan sopir truk yang meminta bantuan. Petugas langsung datang ke lokasi untuk membantu penanganan truk yang terbakar dengan dibantu masyarakat.

“Api berhasil dipadamkan tepat waktu dan tidak ada korbvan jiwa dalam musibah tersebut,” pungkasnya. (rateg/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here