Ketua Komnas Perlindungan Anak Jateng Endar Susilo (lima dari kanan) diterima oleh Kasdam IV Diponegoro Brigjen Teguh Muji Angkasa bersama staf dalam kunjungan ke Makodam, Rabu (10/7/2019). FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. SEMARANG- Tim Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak Jawa Tengah mengadakan kunjungan ke Makodam IV/Diponegoro Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudak Payung, Kota Semarang, kemarin  sekitar pukul 13.00 WIB.

Kunjungan dipimpin langsung oleh Ketua Komnas Anak Jateng, DR H Endar Susilo SH MH bersama 10 anggota pengurus bertujuan melakukan dialog sekaligus menyampaikan program yang akan diadakan Komnas Anak dalam waktu dekat ini.

Rombongan Komnas Anak diterima oleh Kasdam IV Diponegoro Brigjen Teguh Muji Angkasa mewakili Pangdam IV Diponegoro. Turut serta menyambut kedatangan rombongan Kakumdam Kolonel Chk Maryono SH MH, Pabandya Dik  Letkol Inf Munarso, dan Pabandyamin Letkol Inf Heri.

Dalam kesempatan itu Endar menyampaikan rencana mengadakan penyuluhan  bersama dengan Babinsa tentang pencegahan kejahatan anak baik di lingkungan keluarga TNI maupun kepada masyarakat luas.

“Banyak program yang akan kami lakukan bersama Kodam IV Diponegoro berhubungan dengan pembinaan dan penyuluhan anak. Kita harapkan anak bangsa ini jauh dari kejahatan baik sebagai korban maupun sebagai pelaku,” ujarnya.

Endar juga menyampaikan rencana Komnas PA Jateng mengadakan seminar tentang pencegahan kejahatan anak yang akan diadakan pada tanggal 1 Agustus 2019 di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang.

Di akhir sambutannya Endar menyampaikan Komnas Anak memberikan apresiasi terhadap Kodam IV Diponegoro yang selalu memberikan perhatian terhadap pendidikan dan kebutuhan anak-anak.

“Kodam IV Diponegoro telah mendirikan sekolah mulai dari Taman Kanak-kanak sampai SMU, membagikan zakat bagi masyarakat yang tidak mampu termasuk memberikan pendidikan gratis bagi masyarakat kurang mampu,” tambahnya.

Tidak lupa Endar menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas sanksi tegas yang diberikan Kodam IV Diponegoro terhadap anggota yang melakukan tindak kejahatan terhadap anak dengan sanksi pidana hingga pemecatan.

Kasdam IV Diponegoro Brigjen Teguh Muji Angkasa menyampaikan menyambut baik rencana Komnas Anak dengan Babinsa untuk mengadakan penyuluhan tentang perlindungan anak-anak.

“Selama ini kita telah mengadakan penyuluhan rutin tiga bulan sekali bersama anggota Babinsa kepada masyarakat di desa-desa. Nanti bisa bersama dengan Komnas Perlindungan Anak untuk memberikan penyuluhan bersama khususnya tentang UU Perlindungan Anak,”  tegas Brigjen Teguh Muji.

Disampaikan  Kodam berterima kasih atas kerja Komnas Anak yang turut melibatkan jajaran dan anggota Kodam untuk bersama-sama melakukan penyuluhan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi generasi bangsa di masa mendatang.

Di akhir pertemuan  Kasdam mewakili Pangdam menyampaikan kesediaan untuk menjadi Dewan Pembina Komnas Perlindungan Anak Provinsi Jawa Tengah. Kesediaan ini sekaligus sebagai komitmen untuk bersama-sama menjaga nasib anak-anak agar lebih diperhatikan dan terlindungi. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here