Kebakaran yang terjadi di lereng gunung. FOTO:DOK/ILUSTRASI

UNGARANNEWS.COM. WONOSOBO- Memasuki musim kemarau kebakaran hutan kembali menghanguskan gunung Sumbing. Kali ini terjadi di lereng selaran di area hutan Petak 28-E dan 29-1 dalam wilayah Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Wonosobo.

Puluhan personel gabungan telah dikerahkan untuk melakukan pemadaman kebakaran yang terjadi di Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari SAR Sapuran, sumber informasi awal kejadian kebakaran dari masyarakat Banyumudal dan rekan pada Minggu pukul 17.30 WIB

Koordinator Lapangan SAR Sapuran, Raybowo menyebutkan untuk membantu proses pemadaman, sebanyak 84 personil gabungan diturunkan menjinakkan sijago merah. Tim terdiri dari anggota SAR Sapuran, SAR Banyumudal dan IOF Rescue sebanyak 20 orang, dari Polsek Sapuran empat personel, Pemerintah Desa Banyumudal beserta Kepala Desa serta masyarakat Desa Banyumudal sebanyak 60 orang.

Langkah penanggulangan, pada pukul 19.30 WIB, telah dilakukan konsolidasi SAR Sapuran  beserta Polsek Sapuran menuju lapangan. Personel kemudian meminta bantuan dari masyarakat, memantau kebakaran karena kabut, menuju titik kebakaran padam lama hari dan memadamkan langsung ke titik api.

Menurut dia, sumber api belum diketahui. Untuk kronologi singkat kejadian kebakaran, pada Minggu (11/8) sekitar pukul 17.30 terjadi kebakaran hutan. Meski titik api sudah berhasil dipamdakan Kondisi yang terbakar belum diketahui luasnya.

Taksiran kerugian akibat kebakaran juga belum diketahui. Kondisi saat ini, telah dilakukan upaya pemadaman lewat jalur Dusun Larangan Desa Banyumudal, Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo. (abi/dtc/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here