Gubernur Ganjar Pranowo didampingi Wabup Gus Taj Yasin bersama istri membuka Pesta Rakyat HUT ke-69 Jawa Tegah di Wonogiri, Jumat (23/8/2019). FOTO:ISTIMEWA

UNGARANNEWS.COM. WONOGIRI- Pesta Rakyat dalam rangka Perayaan Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah ke 69 tahun 2019 dipusatkan di Kabupaten Wonogiri, mulai Jumat (23/8/2019) hingga Minggu (25/8/2019). Acara ini dibuka Gubernur Ganjar Pranowo di Alun-alun Giri Krida Bakti, Jumat (23 /8/2019). Acara selama tiga hari digeber hingga 22 kegiatan.

Dengan mengusung tema “Ngrumat Bebrayan”,  hadir dalam pembukaan tersebut Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo beserta Atiqah Ganjar Pranowo, Wagub Jateng Taj Yasin, Pangdam IV Diponegoro Mayjend Muhammad Effendi, jajaran Forkompinda Wonogiri dan tamu undangan lainnya.

Bupati Joko Sutopo dalam sambutan menyampaikan salam hormat dari masyarakat Kabupaten Wonogiri atas kepercayaan Kepada Kabupaten Wonogiri untuk menggelar HUT ke 69 Propinsi Jateng.

Dijelaskannya tema HUT ke 69 Ngrumat Bebrayan ini merupakan satu komitmen bersama untuk menggaungkan semangat kebangsaan kita. Berbangsa dan bernegara satu tugas membangun kebersamaan, menjaga nilai- nilai toleransi, menjaga semangat kerukunan, menjaga kebhinekaan, menghidupkan kembali ideologi berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila.

“Di Kabupaten Wonogiri selama 3 hari kedepan, akan terlaksana kegiatan- kegiatan yang luar biasa, marilah kita sukseskan Pesta Rakyat HUT dengan menjaga keamanan dan ketertiban, berpartisipasi aktif menggirohkan semangat nasionalisme, Kabupaten Wonogiri menjadi ikon Pancasila, Kebhinekaan yang kita perjuangkan,” jelasnya.

Sambutan Gubernur Jateng mengajak tamu undangan dan masyarakat yang hadir bersama- sama mendo’a kan Almarhum KH Mohammad Zubair.

“Saya ucapkan terimakasih kepada bapak bupati yang berkenan menjadi tuan rumah pada acara Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019 pada pagi hari ini,” katanya.

Selanjutnya rombongan Gubernur Jateng melaksanakan pembukaan Pameran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Propinsi Jateng di Komplek GOR Giri Mandala, Wonogir

Perlu diketahui, berbagai kegiatan diselenggarakan dalam Pesta Rakyat mulai pre event  tanggal 18-22 Agustus, during event 23-25 Agustus. Dilanjutkan post event 26-31 Agustus, seperti seminar atau sosialisasi mengenai nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa, pelatihan kerja bagi para pelaku usaha ekonomi kreatif, pameran produk kerajinan, bursa kerja, penjualan sembako bersubsidi lomba desain motif batik bagi umum, dan pelajar.

Selain itu diadakan lomba melukis tong sampah, lomba mural stadion, kegiatan memungut sampah di kawasan kota dan menanam pohon minimal 1.000 batang. Juga Dekranasda Carnival, pagelaran ketoprak, dan pameran hasil karya Panti Pelayanan Sosial. (hms/abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here