Menteri Kabinet Indonesia Maju bersiap berfoto bersama Presiden dan Wakil Presiden seusai dilantik, Rabu (23/10/2019). FOTO:IST/SETNEG

UNGARANNEWS.COM. JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan sinyal bahkan akan mengabulkan permintaan menterinya terkait wakil menteri (wamen). Bahkan sudah selesai dan diperkirakan wamen akan dilantik hari ini (25/10/2019).

Jokowi mengatakan, pemilihan wakil menteri sudah dia selesaikan. Nama-namanya berasal dari berbagai kalangan baik profesional maupun politisi.
“Mengenai wamen jadi, sebetulnya sudah selesai. Ada yang dari partai ada juga yang dari profesional. Yang kita harapkan betul-betul membantu menterinya,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/10/2019) sore.

Jokowi sendiri mengaku sudah menerima usulan adanya wakil menteri. Jika diperlukan Jokowi tak segan-segan memberikannya.

“Wamen kalau diperlukan ya diberi, kalau memberikan dukungan agar kerja besar. Sekali lagi kita mengelola sebuah negara besar. Kalau ada wamen dan memberikan dukungan ya tidak apa-apa, kita berikan,” tuturnya.

Jokowi mengatakan sore kemarin pihaknya sudah melakukan finalisasi terkait daftar wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju.

“Kita sudah final semuanya, dan segera dilantik. Secepatnya kita lantik,” ungkapnya.

Meski begitu, Jokowi mengaku belum bisa mengungkapkan berapa total jumlah menteri yang akan dilantik. Namun dia menegaskan bahwa wakil menteri yang dipilih memiliki kompetensi yang mendukung para menterinya.

“Jumlahnya waduh belum hitung. Finalisasinya malam ini. Yang paling penting sekali lagi setiap wamen memiliki kompetensi yang mendukung kerja para menteri,” tambahnya, Kamis (24/10/2019).

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir sudah mengusulkan 3-4 nama calon wakil menteri BUMN kepada Jokowi.  Jika tak ada halangan, menurut Erick, nama Wamen akan diangkat dan diumumkan Jumat (25/10/2019) hari ini.

“Kita mengajukan beberapa nama. Beliau (Presiden Jokowi) menyeleksi malam ini, kemungkinan segera diangkat besok mungkin,” ujar Erick usai sidang kabinet di Istana Presiden, Kamis (24/10/2019) sore.

“Ada tiga empat nama, tapi kan mungkin nanti beliau milih mungkin satu dua,” lanjut mantan Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf itu. (dtc/abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here