foto:dok/iyothworld

UNGARANNEWS.COM. SEMARANG- Terminal lama Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang yang berada di lingkungan Pangkalan Udara Utama TNI Angkatan Darat (Lanumad) Ahmad Yani disulap menjadi pangkalan helikopter.

Acara digelar mulai hari ini Jumat (8/11/2019) hingga hari Minggu (10/11/2019) mendatang. Di hari pertama, sejak pagi hingga siang pengunjung didominasi oleh siswa sekolah.

Helikopter canggih yang dipamerkan dalam rangka memperingati HUT ke-60 Penerbad yaitu Helikopter Apache, Helikopter MI-35, Helikopter MI-17, Helikopter Bolcow, dan Helikopter Bell 205 yang melegenda.

Pengunjung juga diperbolehkan berfoto dengan menaiki Bell 205 yang sudah beroperasi bersama Penerbad sejak tahun 1977. Dalam keterangannya, heli tersebut digunakan untuk heli serbu dan melaksanakan operasi Timor-Timur, Aceh, Mapenduma, dan Papua.

Keterangan spesifikasi dan kegunaan memang disertakan di beberapa helikopter dengan tujuan edukasi. Bahkan di depan Helikopter MI-35 dipajang juga persenjataannya.

Komandan Pusdik Penerbad Kolonel CPN Masrukin menambahkan, selain helikopter-helikopter yang dimiliki Skadron 11/Serbu dan Skadron 31/Serbu itu digandeng juga Airnav, BMKG, komunitas drone dan aeromodelling, serta airsoft gun untuk meramaikan acara.

“Pengunjung yang beruntung dan terpilih melalui mekanisme yang kami tentukan akan kami ajak untuk joint flight,” kata Masrukin.

Selain helikopter ada juga beberapa kendaraan pendukung seperti Spider Crane, Road Sweeper, dan di dalam gedung bandara lama juga dipamerkan beberapa senjata. (dtc/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here