Ketua Takmir Masjid Al-Hijrah Kampoeng Harmoni Ungaran, Aris Purwanto bersama sekretaris Masjid, Muallim menyerahkan hadiah dua unit sepeda kepada dua anak pemenang lomba Rajin ke Masjid. FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN BARAT- Takmir masjid Al-Hijrah perumahan Kampoeng Harmoni, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang mengadakan berbagai kegiatan menarik bertujuan untuk mendidik anak-anak di lingkungan sekitar. Diharapkan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa menjadi generasi yang Qur’ani dan mencintai masjid.

Hal demikian disampaikan Ketua Takmir Masjid Al-Hijrah Ustadz Aris Purwanto. Dituturkan, upaya itu diwujudkan diantaranya melalui TPQ yang diadakan setiap ba’da Ashar, pengajian anak setiap Sabtu malam, kegiatan Peringatan Hari Besar Islam dengan dongeng Islami.

Selain itu takmir rutin mengadakan outing, pesantren kilat saat bulan ramadhan, mabit, muhasabah, dan kegiatan keagamaan lainnya.

“Terkini, kita adakan Lomba Anak Paling Rajin dan Tertib di Masjid yang berhadiah sepeda.  Periode penilaian sejak bulan Oktober hingga Desember 2019 kemarin,” ujarnya kepada UNGARANNEWS.COM, Senin (6/1/2020).

Setiap anak melakukan absensi dengan finger print pada waktu subuh sebagai parameter tingkat kehadiran mereka. Pemenang diumumkan bersamaan kegiatan outbond dan game edukatif di lingkungan perumahan pada Minggu (5/1/2020) kemarin.

Dituturkan Aris, outbond diikuti sekitar 60 anak berlangsung mulai pukul 06.00 sampai pukul 10.00. Diawali sarapan bersama, kemudian selama outbond anak-anak diberikan berbagai pelatihan edukasi. Diantara materi membangun konsentrasi, berkomunikasi efektif dengan tim, bekerja sama dalam kekompakan, serta melatih percaya diri setiap anggota tim.

“Khusus untuk kegiatan amaliyah ini kita mendatangkan trainer berpengalaman dari Yogyakarta. Anak-anak selama berkegiatan mereka makan bareng, ngaji dan menginap di masjid,” paparnya.

Di sela kegiatan juga diberikan materi cerita Islami serta muhasabah yang dikemas secara ceria dan menyenangkan. Diharapkan materi yang diserap anak-anak akan terus terekam dalam memori mereka untuk diamalkan dan menjadi kesan tersendiri.

Sementara itu, terpilih sebagai pemenang Lomba Anak Paling Rajin dan Tertib di Masjid, adalah Fahri putra Kurniawan dan Nayla putri Anton merupakan warga setempat. Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah 1 unit sepeda Polygon.

“Kami bersyukur dan berterima kasih atas dukungan para orangtua di Perumahan Kampoeng Harmoni yang memiliki kepedulian terhadap tumbuh-kembangnya anak-anak dengan akhlak yang baik. Semoga amal ini menjadi pahala yang terus mengalir untuk kita semua,” pungkasnya. (ril/abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here