Rektor UNW Prof Dr Subyantoro M.Hum mengukuhkan wisudawan/wisudawati periode VIII dan pengambilan sumpah profesi di ballroom The Wujil, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Rabu (11/3/2020). FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN BARAT- Tingkat kelulusan mahasiswa Universitas Ngudi Waluyo (UNW) Ungaran semakin meningkat dari periode ke periode. Kemajuan ini menjadi indikator kualitas layanan maupun mutu pendidikan semakin bertambah meningkat.

Pernyataan demikian disampaikan rektor UNW Prof Dr Subyantoro M.Hum dalam sambutan pengukuhan wisuda periode VIII dan pengambilan sumpah profesi lulusan UNW di ballroom The Wujil, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Rabu (11/3) kemarin.

Wisuda tahun 2020 kali ini UNW mengukuhkan lulusan sarjana dan profesi sebanyak 220 wisudawan, terdiri atas 163 orang sarjana dan 57 orang program profesi. Perihal paling menggembirakan wisudawan memiliki predikat rerata IP 3,39 atau ameningkat sekitar 3,31 dibandingkan tahun lalu.

“Jumlah lulusan yang memperoleh predikat cumlaude sebanyak 71 atau 32,27% wisudawan. Dengan lama masa studi sarjana rerata 7,84 semester yang lebih baik dibandingkan tahun lalu sebanyak 8,3 semester.

Prof Subyantoro menyambut gembira atas kemajuan tersebut, membuktikan pencapaian kualitas pendidikan mampu sejalan dengan visi UNW, dengan jargon “Menjadi universitas unggul, berbudaya sehat, dan bereputasi internasional”.

Atas prestasi dicapai wisudawan rektor menyampaikan apreasiasi terima kasih dan patut berbangga sebagaimana kebanggaan yang dirasakan wisudawan beserta keluarga yang turut hadir dalam rapat senat ini.

“Kami mengharapkan wisudawan dapat mengamalkan ilmu dalam profesi masing-masing secara lebih bertanggung jawab dan berkualitas,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini Prof Subyantoro juga menyampaikan tantangan kedepan menghadapi perubahan dunia yang kini tengah memasuki era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri dunia keempat.

Disebutkan, perubahan tersebut disikapi dengan banyak kebijakan pendidikan di Kemendikbud. Salah satunya kebijakan merdeka belajar. Kampus merdeka, mencakup 4 kebijakan salah satunya kebijakan hak mahasiswa  mengambil mata kuliah di luar prodi dan perubahan definisi Satuan Kredit Semester (SKS) yang berlaku untuk S1 dan Politeknik.

“Berkenaan dengan hal tersebut UNW tengah merancang program 5-2-1. Lima semester di dalam kampus, dua semester di luar prodi, dan satu semester di industri,” tambahnya.

Ketua LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd. Kons dalam sambutannya menambahkan, kualitas lulusan UNW merupakan pembuktian jika lulusan berkelas sebagaimana visi dari kampus.

“Saya ucapkan selamat dan terima kasih, wisudawan yang telah menjadi ahli profesi ini merupakan persembahan UNW untuk dunia,” ujarnya.

Dia pun mengingatkan kepada wisudawan agar tetap semangat, meski lulusan dari PT swasta. Menurutnya, kualitas lulusan bukan diukur dari kampus swasta atau negeri, namun terpenting bagaimana lulusan itu berani menunjukkan kualitas kepada masyarakat. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here