Dirut PDAM Kabupaten Semarang Guswakhid Hidayat (berbaju putih) dan anggota Komisi B DPRD Kabupaten Semarang Rizka Dwi Prasetyo (baju hitam) saat talkshow on air di studio radio Rasika FM, Jumat (24/4/2020). FOTO:GHANI/UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN TIMUR- Bertepatan peringatan HUT ke-39 PDAM Kabupaten Semarang melakukan talkshow on air (siarang langsung) di studio Radio Rasika USA 105.6 FM dan tayangan streeming, Jumat (24/4/2020) pagi.

Kegiatan dipandu penyiar Haris WB dihadiri pembicara Direktur Utama PDAM Kabupaten Semarang, Guswakhid Hidayat, anggota Komisi B DPRD Kabupaten Semarang Rizka Dwi Prasetyo, perwakilan dari FKP PDAM Kabupaten Semarang BW Heru Santoso, Zaenal Abidin, dan Abdul Muiz.

Acara Talkshow diawali suasana ceria dengan bertepatan HUT ke-39 PDAM Kabupaten yang sekaligus bertepatan awal puasa Ramadan 1441 H.

Guswakhid mengatakan HUT PDAM tidak ada acara seremonial, kondisi keprihatinan di tengah pandemi virus corona (Covid-19) diwujudkan PDAM dengan bakti sosial yang telah digelar beberapa waktu belakangan ini.

“Kita melakukan dalam upaya membantu mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Semarang, yakni memberikan bantuan wastafel, masker, hand sanitizer, dan AMDK Sukabela di pasar, rumah ibadah, pondok pesantren, dan fasilitas umum lainnya,” ujarnya di sela talkshow.

Salah satu wujud kepedulian PDAM terhadap keprihatinan warga, lanjut Guswakhid, PDAM akan memberikan subsidi pembayaran rekening air sebesar 50 persen hingga 100 persen untuk periode pemakaian air bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Dijelaskan Guswakhid, subsidi sebesar 100 persen atau gratis diberikan untuk golongan pelanggan sosial umum, sosial khusus, dan rumah sederhana. Sedangkan subsidi sebesar 50 persen untuk golongan semi menengah.

“Subsidi kita berikan sebagai bakti PDAM di tengah dampak pandemi corona. Berlaku untuk tarif periode bulan April, Mei, dan Juni 2020 yang dibayarkan pada bulan Mei, Juni, dan Juli 202O,” jelasnya.

Diharapkan dengan adanya subsidi ini dapat membantu perekonomian dan kesulitan yang sedang dialami masyarakat. Meski demikian Guswakhid mengimbau masyarakat untuk menggunakan air secukupnya dan sewajarnya, agar semua pelanggan dapat merasakan air tersebut.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Semarang Rizka Dwi Prasetyo sangat mengapresiasi kebijakan PDAM memberikan subsidi kepada masyarakat membutuhkan. Ia berharap BUMD dapat meniru kebijakan ini berpartisipasi secara sosial dan peka terhadap situasi yang dialami masyarakat.

“Dalam situasi pandemi Corona saat ini saya imbau masyarakat tetap semangat dan kuat. Mohon kita semua saling tolong menolong. Saya mohonkan kepada masyarakat jangan mengucilkan orang dengan status ODP, PDP, maupun positif Covid-19. Saat mereka sudah dinyatakan bebas Covid-19 statusnya sama seperti warga lain, jangan kucilkan jangan buat mereka menderita,” imbau Rizka. (ghn/abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here