Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono didampingi Kasat Lantas Polres Semarang AKP Sri Hasta Birowowati melakukan pemeriksaan kesiapan pasukan Operasi Patuh Candi tahun 2020 saat Apel Gelar Pasukan, Kamis (23/7/2020). FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. MAPOLRES SEMARANG- Polres Semarang menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi tahun 2020 di lapangan apel Mapolres Semarang, Kamis (23/7/2020) pagi.

Apel dipimpin Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono dihadiri pimpinan Musida Kabupaten Semarang, Sekda Gunawan Wibisono, Ketua PN Ungaran Ikhsan Fathoni, Kepala Kejaksaan Negeri Ambarawa, Suhardjono, Kepala Dinas Perhubungan Rudibdo, dan Dansubdenpom IV/33 Ambarawa Kapten Cpm Sarjono.

AKBP Gatot dalam sambutan membacakan amanat Kapolda Jawa Tengah mengatakan, pelaksanaan Operasi Patuh Candi tahun 2020 dimulai tanggal 23 Juli 2020 sampai dengan 5 Agustus 2020 serentak di seluruh Indonesia.

“Pelaksanaan Operasi Patuh Candi tahun 2020 dilaksanakan di tengah Pandemi Covid- 19, sehingga penindakan Pelanggar lalu lintas akan dilakukan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya,” tegasnya.

Dijelaskan, operasi kali ini disertai upaya pencegahan dan edukasi lebih dahulu dan selebihnya akan dilakukan teguran, sosialisasi serta ajakan untuk mentaati aturan lalu lintas dan protokol kesehatan. Diantaranya dengan menggunakan masker, phisical distancing, sarung tangan, saat berkendara motor.

Ada tiga prioritas sasaran pelanggaran diterapkan dalam operasi, yakni pelanggaran helm, melawan arus dan kelengkapan kendaraan ditambah 1 pelanggaran dominan yang diberlakukan di masing-masing Polres.

“Semua peraturan kita laksanakan secara humanis, persuasif dan menerapkan protokol Kesehatan Covid-19 di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Dengan mengedepankan Tindakan Preemtif sebanyak 40 persen, Preventif 40 persen, dan penegakan hukum sebanyak 20 persen,” tegasnya.

AKBP Gatot berharap kepada seluruh jajaran dan instansi terkait juga kepada seluruh masyarakat berperan serta agar operasi dapat berlangsung dengan aman dan tertib.

Di akhir kegiatan Kapolres Semarang didampingi Kasat Lantas Polres Semarang AKP Sri Hasta Birowowati melakukan pemeriksaan kesiapan pasukan Operasi Patuh Candi tahun 2020 dan juga perlengkapan operasi.

Turut serta dalam apel antara lain, 1 pleton anggota Subdenpom Ambarawa, 1 pleton personil Kodim 0714/Salatiga, 1 pelton Sat Lantas Polres Semarang, 1 pleton Gabungan Staf Personil Polres Semarang, 1 pleton Sat Shabara Polres Semarang, 1 pleton Gabungan Personil Sat Reskrim, Sat Narkoba dan Sat Intelkam Polres Semarang, serta 1 pleton personil Dishub Kabupaten Semarang, dan 1 pleton personil Sat Pol PP dan Damkar Kabupaten Semarang. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here