Ketua DPRD Kabupaten Semarang menjadi inspektur upacara Kemerdekaan RI ke-75 saat membacakan teks Proklamasi diadakan di halaman DPRD, Senin (17/8/2020). FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. GEDUNG DPRD- Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohening bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Peringatan HUT Ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di lingkungan DPRD setempat, Senin (17/8/2020) pagi.

Upacara digelar di halaman DPRD dengan komandan upacara dan pembacaan UUD 1945 serta pembacaan doa dipimpin oleh para Wakil Ketua DPRD. Peringatan HUT RI tahun ini di tengah pandemi Covid-19 tidak digelar bersama-sama instansi lain sesuai protokol kesehatan (protkes) ditentukan pemerintah.

Suasana berbeda terlihat pula seusai upacara Bondan mendapatkan ucapan dan pelukan dari para koleganya. Ternyata peringatan Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus bertepatan dengan hari kelahiran putra asli Kabupaten Semarang ini.

“Terima kasih kawan-kawan semuanya atas ucapan dan doanya. Peringatan HUT Kemerdekaan RI menjadi momentum sangat berharga bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi saya sendiri yang bertepatan ulang tahun pada hari ini,” ujar Bondan kepada UNGARANNEWS.COM sambil tersenyum, Senin (17/8/2020).

Bondan berharap peringatan diadakan pada masa pandemi Covid-19 ini menjadi motivasi penting bagi bangsa Indonesia di tengah keprihatinan bersama-sama melawan virus Corona, dan bangkit dari kondisi ekonomi bangsa yang menurun.

“Semangat para pahlawan dan pejuang dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan bangsa ini menjadi motivasi anak bangsa. Kita bersama melawan pandemi Covid-19, dan menjaga keutuhan NKRI, Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika,” tegas anggota Fraksi PDIP ini.

Menurutnya, meski peringatan diadakan secara sederhana dengan mematuhi protkes namun tidak mengurangi makna Kemerdekaan.

Sekretaris DPRD Kabupaten Semarang, Budi Kristiono mengatakan, upacara Kemerdekaan RI tahun ini diadakan di lingkungan DPRD berdasarkan instruksi yang diterima dari Pemkab. Setelah upacara diadakan kegiatan lomba diikuti seluruh anggota DPRD, staf Setwan dan tenaga honorer lingkungan DPRD.

“Lomba diadakan untuk memupuk kebersamaan dan memotivasi semangat kerja di masa pandemi Covid-19. Semua kegiatan mulai dari upacara hingga lomba kita berlakukan protkes yang ketat,” jelasnya.

Sementara itu, susunan upacara selaku Irup Ketua DPRD, selaku komandan upacara Wakil Ketua DPRD Nurul Huda, pembacaan teks UUD’45 Wakil Ketua DPRD Jauhari Mahmud, dan pembacaan doa Wakil Ketua DPRD Muzayinul Arif. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here