Pasangan Ngesti-Basari (Ngebas) berada di tengah saat silaturahim dan menerima dukungan dari para kiai dan ulama NU di aula kantor PCNU Kabupaten Semarang Jalan Hasyim Asy'ari Ungaran, Jumat (4/9/2020) sore. FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN BARAT- Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Semarang H Ngesti Nugraha, SH, MH dan HM Basari, ST, M.Si (Ngebas) mendapat dukungan besar dari masyarakat nahdliyin Kabupaten Semarang.

Dukungan tersebut disampaikan Ketua Tanfidziyah Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupeten Semarang, KH Ahmad Fauzan saat menyambut silaturahim pasangan Ngebas ke kantor PCNU Jalan Hasyim Asy’ari Ungaran, Jumat (4/9/2020).

“Mulai hari ini tidak ada lagi perpecahan masyarakat nahliyin Kabupaten Semarang dalam menentukan pilihan pasangan calon (paslon) dalam Pilkada 2020. Kecuali memenangkan Ngesti-Basari menjadi Bupati dan Wakil Bupati Semarang,” tegasnya kepada wartawan seusai menerima pasangan Ngebas.

Gus Fauzan –panggilan akrabnya— menyatakan sebelumnya sempat tersiar simpang-siur dukungan kaum nahliyin dalam Pilkada 2020. Mau kemana arah dukungan diberikan masih belum ada kepastian. Diakui saat itu PCNU belum berani memutuskan karena pasangan Ngebas belum menerima langsung rekomendasi dari para partai pengusung.

“Keraguan sudah terjawab setelah pasangan Ngebas mendaftar ke KPU. Rekomendasi sudah diterima dari PDIP, PKB, Demokrat dan Hanura sebagai syarat mengikuti Pilkada. Mulai hari ini semua anggota NU Kabupaten Semarang satu komando memilih Ngebas,” tegasnya lagi.

Menurut Gus Fauzan sampai saat ini warga NU Kabupaten Semarang masih setia memberikan dukungan terhadap kader NU yang akan maju menjadi pemimpin daerah. Pasangan Ngesti dan Basari merupakan kader kebanggaan NU yang selalu memuliakan para kiai dan ulama.

“Pasangan Ngesti-Basari selama ini dekat dengan kiai dan ulama NU. Seperti Basari merupakan garda kebanggaann NU. Kalau bicara garda beliau yang selalu di depan, paling mengerti apa yang dicita-citakan para kiai dan ulama untuk kemajuan Kabupaten Semarang,” jelasnya.

Pernyataan Gus Fauzan senada dukungan bulat diberikan para kiai NU dan ulama sepuh Kabupaten Semarang yang turut menyambut silaturahim Ngebas. Tampak selain Gus Fauzan, juga hadir KH Nur Kholis (Ketua Rois Syuriyah PCNU Kabupaten Semarang), KH Faturohman (Wakil Rois Syuriah PCNU), KH Miftahudin (Ketua MUI Kabupaten Semarang), KH Zaenal Abidin (Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Semarang), KH Abdul Ghofar (Wakil Ketua Tanfidziah juga Ketua Laskar Talijagad), KH Rohadi (Ulama sepuh), KH Amin Abror dari Jambu, Drs Muslih (Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU), dan para kiai muda NU.

Dalam kesempatan tersebut masing-masing kiai menyampaikan dukungan terhadap Ngebas dilanjutkan mendoakan secara bergantian diikuti jajaran pengurus PCNU, Ormas NU, perwakilan lintas agama, dan para kader partai pengusung yang hadir.

“Kalau kiai sudah berkumpul bersama-sama mendoakan untuk pasangan Ngebas, ya kebacuten kalau warga nahdliyin tidak memilihnya. Bapak Ngesti dan Basari putra daerah sudah kita kenal akhlak dan kemampuanya, Ngebas layak memimpin Kabupaten Semarang. Kami minta semua nahdliyin memberikan dukungan memilih Ngebas,” ujar Gus Fat –panggian akrab KH Faturohman—.

Dalam kesempatan tersebut Ngesti Nugraha menyampaikan banyak terima kasih atas diterima dan dukungan para kiai dan ulama NU. Kedatangannya ke kantor PCNU selain silaturahmi juga menyampaikan telah mendaftar ke KPU dan berkas telah dinyatakan lengkap.

“Terima kasih sebanyak-banyaknya atas dukungan para kiai dan ulama, dukungan ini tidak akan kami sia-siakan untuk memenangkan Pilkada dan memajukan Kabupaten Semarang sebagaimana dicita-citakan para kiai dan ulama,” ujarnya dengan berbahasa Jawa kromo yang fasih.(abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here