Vaksinasi Covid-19 massal di Gedung Olahraga (GOR) Pandanaran, Wujil, Bergas, Rabu (24/2/2021). FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. BERGAS- Dinas Kesehatan (Dines) Kabupaten Semarang menarget sehari dapat melayani vaksinasi sebanyak 800 Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk mencapai target tersebut Dinkes mengerahkan sedikitnya 40 petugas kesehatan termasuk tenaga vaksinator.

“Petugas dan tenaga vaksinator kita datangkan dari RS Gondo Suwarno Ungaran, RS Gunawan Mangunkusomo, RS Ken Saras dan Balkesmas Ambatawa. Dalam sehari, kita target melayani 800 ASN,” ujar Kepala Dinkes Kabupaten Semarang, dr Ani Raharjo saat vaksinasi Covid-19 massal di Gedung Olahraga (GOR) Pandanaran, Wujil, Bergas, Rabu (24/2/2021).

Kegiatan vaksinasi, lanjut dr Ani, diikuti ratusan ASN yang bekerja di instansi pelayanan umum seperti Dispendukcapil, BPBD, Dispermasdes dan Diskominfo.

“Pelayanan vaksinasi kita laksanakan di luar fasilitas kesehatan karena alasan efektifitas. Namun kita tetap memenuhi persyaratan sepeti penyediaan emergency room dan mobil ambulans stand by,” ujarnya di sela mendampingi Pelaksana harian (Plh) Bupati Semarang Suko Mardiono meninjau pelaksanaan vaksinasi.

Dijelaskan, saat ini persediaan vaksin Covid-19 sebanyak 11 ribu dosis. Jumlah itu cukup untuk vaksinasi 5.500 orang karena masing-masing membutuhkan dua dosis vaksin.

Selain ASN, vaksinasi Covid-19 tahap II juga menyasar tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pedagang pasar. Selain itu ada 400 tenaga kesehatan (nakes) yang belum menjalani vaksinasi tahap pertama karena berbagai sebab.

Plh Bupati Semarang Suko Mardiono mengatakan, penyediaan tempat khusus vaksinasi di luar faskes ini bertujuan untuk mempercepat proses vaksinasi kepada sasaran.

“Selain di 26 Puskesmas yang ada, pelaksanaan vaksinasi juga dilakukan diluar faskes untuk mempercepat penyelesaiannya,” katanya. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here