Bagus Suryokusumo. FOTO:IST/UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN TIMUR- Bursa pemilihan calon Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Semarang mulai terasa grengsengnya. Mulai bermunculan calon yang akan maju dalam bursa menandai dinamika pergerakan pemuda-pemuda di Kabupaten Semarang mulai terasah turut berpatisipasi membangunan daerahnya.

Salah satu pemuda yang tertarik maju adalah Bagus Suryokusumo. Dia menyatakan siap maju sebagai calon Ketua DPD KNPI Kabupaten Semarang periode 2021-2024. Bagus saat ini menjabat Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Semarang periode 2018-2021. Dia siap memenuhi seluruh persyaratan dari panitia musda sebagai bukti keseriusannya maju.

“Insya Allah saya siap maju, demi persatuan pemuda di Kabupaten Semarang. Saya pun telah siap memenuhi persyaratan pencalonan yang akan ditentukan oleh panitia musda,” ujarnya.

Adapun misi yang diusung Bagus jika kelak peserta Musda mempercayakan tongkat kepemimpinan beralih ke tangannya, adalah memperkuat jaringan kepemudaan dan menanamkan serta menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan. Hal itu sesuai Tagline “Pemuda Bersatu Kabupaten Semarang Maju”

Selain itu, Bagus ingin turut menggerakan pemuda Kabupaten Semarang mengambil peran sebagai agen of change perilaku pemuda yang inovatif dan kreatif. Menurutnya, masa depan sangat ditentukan bagaimana pemuda bertindak, berfikir dan bagaimana pemuda merencanakan.

“Saya sangat berharap pemuda dapat bersatu untuk menghadapi tantangan zaman bersama-sama, jadikan organisasi kepemudaan ini, menjadi organisasi yang cerdas, dan memiliki komitmen perubahan untuk Kabupaten Semarang,” ungkapnya di Ungaran kepada UNGARANNEWS.COM, Sabtu (28/2/2021) malam.

Perlu diketahui, Bagus Suryokusumo saat ini juga tercatat sebagai Wakil Ketua GEMA FKUB Kabupaten Semarang, Wakil Ketua KONI Kabupaten Semarang, dan Wakil Ketua PC GP Ansor Kabupaten Semarang. Baca Juga: Dihadiri Gus Yaqut, Ini Susunan Pengurus GP Ansor Kabupaten Semarang 2020-2024

Pemilihan Ketua KNPI Kabupaten Semarang akan dilakukan dalam Musyawarah Daerah (Musda) yang digelar awal April nanti.

“Kami membuka selebar-lebarnya kesempatan bagi pemuda Kabupaten Semarang untuk menjadi Calon Ketua KNPI Kabupaten Semarang,” kata Panitia Musda KNPI Kabupaten Semarang, Didit Saputra.

Dia menambahkan, Calon DPD Ketua KNPI Kabupaten Semarang harus memenuhi sejumlah persyaratan. Diantaranya berusia maksimal 40 tahun, tidak melebihi dua periode jika pernah menjabat sebagai ketua, pernah atau sedang menjabat unsur pimpinan DPD Kabupaten/Kota dan atau unsur pimpinan OKP nasional tingkat kabupaten/kota.

“Selain itu, Calon Ketua harus didukung sekurangnya 20 persen suara peserta dalam Musda,” jelasnya.

Calon Ketua juga harus mendapatkan rekomendasi dukungan tertulis dari 3 dewan pengurus kecamatan serta sekurangnya 6 OKP nasional tingkat kab/kota yang berhimpun dalam KNPI. Syarat lain adalah menyampaikan daftar riwayat hidup dan pokok pikiran mengenai visi misi serta strategi dan kebijakan dalam memajukan KNPI. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here