Kepala Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat, Sumariyadi menerima penghargaan sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan dari Menparekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (2/3/2021). FOTO:ISTIMEWA/UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN BARAT- Konsistensi desa Lerep mempertahankan tradisi budaya lokal dan kelestarian lingkungan membuahkan prestasi nasional. Desa Lerep terpilih sebagai Desa Wisata Berkelanjutan terbaik bersama 3 desa lain di Jawa Tengah.

Penghargaan diterima Kepala Desa Lerep Sumariyadi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (2/3/2021).

“Desa Wisata Lerep masuk terbaik nasional. Penghargaan ini persembahan untuk seluruh warga desa Lerep juga pemerintah Kabupaten Semarang dan juga Jawa Tengah yang telah memberikan dukungan kemajuan wisata desa Lerep,” ujarnya Sumariyadi kepada UNGARANNEWS.COM, Rabu (3/3/2021).

Menurut Sumariyadi, penghargaan ini tidak lepas kerja keras warga Lerep membiasakan hidup bergotong-royong dalam hal apapun. Begitu pula keberhasilan mengembangkan sebagai destinasi Wisata Terbaik berkat dukungan warga turut berpartisipasi bersama-sama sebagai pekerja wisata.

“Konsep kita usung menjadikan tradisi budaya lokal sebagai unggulan wisata serta alam lingkungan yang asri kita pertahankan kelestariannya,” ungkapnya.

Penghargaan diterima bersama 3 Desa Wisata Jawa Tengah dari 16 Desa Wisata se-Indonesia. Keempat desa di Jateng yang menerima yakni Desa Wisata Karangrejo dan Candirejo (Kabupaten Magelang), Desa Wisata Lerep (Kabupaten Semarang), dan Desa Wisata Kandri (Kota Semarang).

Menparekraf memberikan penghargaan sekaligus sertifikasi dalam rangka mewujudkan pariwisata yang lestari dan sejahtera. Diberikan sebagai wujud terbentuknya wisata yang berkualitas di tengah kondisi Covid-19 dengan menerapkan 4K, yakni Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian lingkungan.

Melengkapi berbagai penghargaan diraih Desa Lerep sebelumnya, yakni penghargaan kinerja Desa Wisata Lerep yang menyajikan pelayanan dan inovasi terbaik se-Jateng, Proklim, Bank Sampah terbaik, Juara Nasional Terbaik Pertama Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tahun 2018, dan penghargaan lainnya.

Perlu diketahui, desa Lerep berada di Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, merupakan salah satu desa wisata favorit di Jawa Tengah. Desa ini memiliki alam yang memesona dengan pemandangan Gunung Ungaran. Di desa ini pula terdapat Dusun Indrokilo yang kerap menjadi tujuan para wisatawan mancanegara.

Wisatawan bisa menjajal kehidupan sebagai orang desa dengan belajar memerah susu sapi hingga membuat gula aren. Selain itu, dapat mencicipi kopi dan jajanan tradisional khas Dusun Indrokilo. Sedikitnya, terdapat 764 rumah penduduk menjadi homestay bagi wisatawan dengan kapasitas per rumah 2 sampai 6 orang.

Paling berkesan bagi wisatawan menginap pada pagi hari dapat menikmati keindahan Embung Sembligo sekaligus tempat menggelar pasar kuliner tradisional setiap Minggu Pon. Pengunjung bebas memasuki area embung untuk menikmati aneka jajanan dan kudapan tempo dulu. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here