Bupati Semarang H Ngesti Nugraha melantik Suko Mardiono sebagai Pj Sekda di pendapa rumah dinas Bupati, Rabu (10/3/2021). FOTO:IST/UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. RUMAH DINAS- Bupati Semarang H Ngesti Nugraha melantik Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Semarang Suko Mardiono di Pendapa Runah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Rabu (10/3/2021) pagi.

Pelantikan Pj Sekda untuk mengisi kekosongan tugas Sekda yang sebelumnya dijabat Gunawan Wibisono karena mengajukan pensiun dini untuk maju menjadi Calon Wakil Bupati Semarang dalam Pilkada 2020. Adapun pelantikan Suko Mardiono di pendapa rumah dinas Bupati ini merupakan yang ketiga kali.

Berdasarkan catatan UNGARANNEWS.COM, pelantikan pertama Suko dilakukan pada 10 Desember 2020 lalu oleh Bupati Semarang H Mundjirin sebagai Pj Sekda menggantikan Gunawan Wibosono. Pelantikan kedua dilakukan pada hari Rabu (17/2/2021) oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual di ruang utama rumah dinas Bupati, sebagai Plh Bupati Semarang yang kosong karena masa jabatan Bupati habis.

Disusul pelantikan ketiga pada Rabu (10/3/2021) hari ini sebagai Pj Sekda setelah Bupati Semarang dijabat H Ngesti Nugaraha. Suko mengisi kekosongan jabatan Sekda sampai menunggu proses lelang jabatan Sekda definitif selesai dan pelantikan. Sebelum dijabat Suko, Pj Sekda dijabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Valeanto Soekendro, S.Sos., M.Si dilantik Bupati H Mundjirin pada tanggal 1 September 2020 lalu. Baca Juga: Plh Bupati Semarang Siap Bertugas, Pelantikan Bupati Terpilih Diperkirakan 26 Februari

Bupati Semarang H Ngesti Nugraha dalam sambutan menegaskan pentingnya fungsi Sekda membantu Bupati melaksanakan tugas-tugas pemerintahan. Tugas dan pokok fungsi Pj Sekda sama seperti Sekda definitif. Karena itu, diharapkan dapat melayani semua OPD dan bisa menentukan prioritas program pembangunan daerah agar berhasil.

“Tugas penanggulangan pandemi Covid-19 juga harus dikoordinasikan dengan baik. Jabatan merupakan pengadian untuk dapat memajukan dan mensejahterakan masyarakat,” tegasnya. Baca Juga: Sarat Pengalaman, Suko Mardiono Jabat Pj Sekda Kabupaten Semarang

Pj Sekda Suko Mardiono menyatakan siap bekerja sama dengan seluruh pimpinan OPD dan pemangku kepentingan di Kabupaten Semarang.

“Arahan Bupati akan mendapat perhatian, termasuk koordinasi dengan OPD dan penanganan Covid-19. Potensi bencana alam di bulan Desember berdasarkan ramalan cuaca juga harus disikapi,” ujar Staf Ahli Gubernur Jawa Tengah Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik ini.

Ditanya tentang proses lelang jabatan Sekda Kabupaten Semarang, Suko mengatakan telah melakukan koordinasi dengan BKD Kabupaten Semarang. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here