Bupati Semarang H Ngesti Nugraha mendengarkan pemaparan program kerja Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di ruang rapat Bupati Semarang Jalan Diponegoro Ungaran, Kamis (1/4/2021). FOTO:UNGARANNEWS.COM

UNGARANNEWS.COM. KANTOR BUPATI- Pemanfaatan teknologi informasi mutlak diperlukan agar usaha ekonomi dan kegiatan sosial warga mampu bersaing di era global. Untuk itu, Pemkab Semarang akan menyelenggarakan internet berbasis wireless fidelity (wifi) gratis sampai ke tingkat desa dan kelurahan.

Penegasan itu disampaikan Bupati Semarang H Ngesti Nugraha menanggapi paparan program kerja Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di ruang rapat Bupati Semarang Jalan Diponegoro Ungaran, Kamis (1/4/2021).

Salah satu rencana kerja Diskominfo tersebut mendapat perhatian Bupati adanya pemanfaatan internet berbasis wifi gratis sampai desa dan kelurahan.

Menurut Ngesti, kemajuan teknologi informasi itu dapat digunakan mengembangkan kegiatan ekonomi produktif warga lewat badan usaha milik desa (Bumdes). Selain itu juga tak boleh ketinggalan pengembangan usaha serupa di kelurahan.

“Internet diperlukan juga untuk mengembangkan potensi desa wisata agar perekonomian warga berjalan di masa pandemi ini,” katanya.

Bupati juga menyoroti perlunya jalinan komunikasi pembangunan secara intensif dengan warga. Caranya dengan menyediakan aplikasi khusus pengaduan masyarakat tentang kegiatan pemerintahan dan pembangunan.

Lewat aplikasi terpusat itu, lanjut Ngesti, akan dapat ditanggapi keluhan dan aspirasi warga secara cepat dan tepat. Dia juga memerintahkan Diskominfo untuk menghandling akun media sosial miliknya sebagai sarana komunikasi interaktif dengan warga.

Plt Kepala Diskominfo Alexander Gunawan pada kesempatan itu memaparkan program kerja Diskominfo. Diantaranya, pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), menyusun master plan smart city disesuaikan dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), mengembangkan portal satu data dan digitalisasi LPPL Suara Serasi.

“Berbagai program kerja disusun sebagai langkah menuju Kabupaten Semarang yang informatif. Termasuk merencanakan jaringan internet yang mampu menjangkau wilayah desa untuk memperluas akses masyarakat,” terangnya didampingi seluruh pejabat struktural Diskominfo. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here