Tim Denok Ditsamapta Polda Jateng membantu pelaksanaan vaksinasi lansia secara drive thru di Balai Kota Semarang di Jalan Pemuda Semarang, Selasa (25/5/2021) malam. FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. SEMARANG- Tim Denon Direktorat Samapta Polda Jawa Tengah melaksanakan giat Cipta Kondisi di seputaran Kota Semarang guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat serta untuk menekan angka kriminalitas di tengah pandemi Covid-19, Selasa (25/5/2021) malam.

Patroli dilaksanakan di sejumlah lokasi publik dan titik keramaian masyarakat yang sedang menikmati malam libur nasional Hari Raya Waisak 2021.

Direktur Samapta Polda Jateng, Kombes Djoko Susilo,S.I.K., S.H melalui Kepala Tim Patroli Cipta Kondisi, AKP Mudjiyono, S.Sos.,M.M mengatakan, selama pandemi Covid-19 masyarakat perlu mendapatkan pengawalan keamanan, dan pengawasan penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Untuk itu perlu memberikan rasa aman kepada masyarakat sekaligus menekan penyebaran Covid-19 dengan memberikan imbauan dan pembinaan. Kita harapkan situasi tetap terjaga keamanan dan ketertiban menerapkan prokes,” ujarnya kepada UNGARANNEWS.COM seusai giat patroli, Selasa (25/5/2021) malam.

Dijelaskan, selain melakukan patroli Kamtibmas, personel Tim Denok di lapangan juga mengedukasi masyarakat selalu menaati prokes dengan menerapkan 4M yakni Menggunakan masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, serta Menghindari kerumunan. Sekaligus membagikan bantuan masker bagi warga yang membutuhkan.

Patroli Cipta Kondisi Tim Denok dimulai sekitar pukul 19.00 diawali apel kesiapan pelaksanaan tugas patroli dipimpin AKP Mudjiyono di halaman Ditsamapta Polda. Turut dalam patroli Tim Satwa diantaranya 2 ekor anjing pelacak Brandy dan Loucious.

Sekitar pukul 19.45 tim Denok melaksanakan patroli di Museum Mandala Bhakti kawasan Tugu Muda. Petugas jaga diimbau agar selalu meningkatkan kewaspadaan dengan mengingatkan pengunjung menerapkan prokes.

“Penjaga museum kita ingatkan mengawal ketat ketaatan pengunjung menerapkan prokes. Juga membatasi jumlah pengunjung sesuai aturan untuk menghindari kerumunan,” tegasnya.

Sekitar pukul 20.30 tim Denok dipimpin AKP Mudjiyono menuju Wisma Perdamaian bertemu petugas jaga. Kondisi lingkungan tempat dinas Gubernur Jawa Tengah itu terpantau aman dan tertib prokes.

Kegiatan dilanjutkan menuju Balai Kota Semarang di Jalan Pemuda Semarang. Saat itu bertepatan kegiatan petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang melaksanakan vaksinisasi untuk masyarakat lansia secara drive thru.

“Tim Denok turut membantu petugas Dinkes melakukan pengecekan suhu sekaligus memberikan imbauan kewaspadaan pengantar vaksinator mentaati prokes. Kita bagikan masker untuk lansia yang membutuhkan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan lain tim Denok menyempatkan mendatangi para tukang becak dan masyarakat yang ditemukan duduk-duduk di taman kota dan tempat publik. Anggota tim membagikan masker dan makanan sembari mengimbau pentingnya menjaga prokes.

Keseluruhan giat berakhir sekitar pukul 22.00, ditutup dengan konsolidasi tim dipimpin AKP Mudjiyono. Selanjutnya anggota Tim Denok kembali ke Mako Ditsamapta Polda, dan Tim Satwa kembali ke Mako Srondol. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here