Ketua Komnas PA Jawa Tengah, DR H Endar Susilo SH, MH melantik pengurus Komnas PA Kabupaten Jepara di Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Sabtu (15/9). (FOTO: MUIZ CHAFIDZ/UNGARANNEWS)

UNGARANNEWS.COM. JEPARA- Pengurus Komnas Perlindungan Anak (PA) Kabupaten Jepara dikukuhkan oleh pengurus Komnas Anak Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (15/9). Pengukuhan dilangsungkan di Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, dihadiri oleh Ketua Komnas PA Jawa Tengah,   DR H Endar Susilo SH, MH dengan disaksikan Bupati Jepara diwakili Asisten 3 Edy Jatmiko beserta jajaran Forkompinda Jepara.

Edy Jatmiko dalam sambutannya menyampaikan sangat mendukung dan mengapresiasi kehadiran Komnas PA di Kabupaten Jepara. Atas terbentuknya kepengurusan tersebut pihaknya selaku pemerintah daerah akan membantu tugas-tugas yang diemban Komnas PA dalam melakukan pengawasan dan penindakan terhadap kejahatan yang menimpa anak-anak.

“Kami berterima kasih dan mendukung kehadiran PA di Kabupaten Jepara. Ini sebagai langkah baru dalam melakukan pendampingan terhadap kasus-kasus yang dialami anak-anak. Kami akan terus support,” ungkapnya.

Ketua Komnas PA Jawa Tengah Dr H Endar Susilo SH MH mengatakan, berterima kasih atas sambutan baik yang diberikan Pemkab Jepara. Kedepan pihaknya komitmen akan melakukan pengawasan dan penampingan bagi anak-anak yang menjadi korban kejahatan.

“Tindakan preventif juga akan kita lakukan melalui pendekatan dan pemahaman pada anak-anak juga orangtua, bagaimana mereka agar terhindar dari pelaku kejahatan yang selama ini banyak mengincar anak-anak untuk dijadikan korban,” ujarnya seusai pelantikan siang kemarin.

Disebutkan Endar, meski pengukuhan digelar dengan sederhana namun berkat inisiatif pengurus Komnas PA Jepara bekerjasama dengan Pemkab Jepara suasana menjadi meriah dengan ditampilkan beberapa atraksi kesenian dan kegiatan edukasi yang digelar sejak Jumat (14/9) sore.

Diantaranya digelar kesenian tari tradisional anak-anak.  Dilanjutkan literasi media, pameran karya anak, dogeng anak dan pemberian penghargaan pada anak yang berprestasi. Rangkaian kegiatan dalam rangka pelantikan ini akan berakhir Minggu (16/9) hari ini dengan ditutup kegiatan festival dolanan anak.

Adapun Komisioner Pengurus Komnas PA Kabupaten Jepara sebagai Ketua Wahyu Khoirus Zaman S. Kom.I., M. SI.

“Setelah pelantikan pengurus Komnas PA Kabupaten Jepara harus berjuang keras khususnya dalam upaya menekan kejahatan anak di Kabupaten Jepara. Berikut mengawal setiap kejahatan terhadap anak-anak sampai ke ranah pengadilan,” tegasnya.

Endar berharap pengurus perlu didukung semua pihak dalam mengurai persoalan hukum yang dialami anak-anak. Karena itu, perlu bersinergi dengan semua pihak khususnya dengan aparat penegak hukum (APH) dalam upaya penindakan maupun upaya pencegahan melalui kegiatan ke masyarakat yang bisa dilaksanakan bersama-sama. (amu/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here