UNGARANNEWS.COM. JAKARTA- Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) setinggi 121 meter yang berlokasi di desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali.

“Pada malam hari yang indah ini saya sangat senang, bisa hadir bersama bapak ibu dan saudara-saudara sekalian menyaksikan mahakarya anak bangsa, patung Garuda Wisnu Kencana,” kata Jokowi di Cultural Park GWK, Badung, Bali, Sabtu (22/9/2018) malam.

“Saya sebut mahakarya karena patung Garuda Wisnu Kencana adalah salah satu patung tembaga terbesar di dunia. Patung Garuda Wisnu Kencana adalah patung tertinggi ke-3 di dunia,” tambah Presiden seperti dikutip Antara.

Patung GWK menurut Jokowi adalah patung tertinggi ketiga di dunia setelah The Spring Temple Buddha di China dan The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar.

“Saya tadi diberikan penjelasan bahwa patung ini lebih tinggi dari pada patung Liberty di Amerika Serikat. Selesainya mahakarya ini bukan hanya membanggakan rakyat Bali, masyarakat Bali tapi juga membanggakan seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Presiden.

Dengan terwujudnya patung GWK sejak awal pembangunannya 28 tahun lalu, menurut Presiden menunjukkan bahwa Indonesia juga mampu menghadirkan karya budaya pada masa kini.

“Karena hal ini membuktikan sebagai bangsa yang besar kita bukan hanya mewarisi karya-karya besar peradaban bangsa masa lalu, yang indah seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan tapi di era kekinian bangsa kita juga bisa berkarya, bisa berkreasi untuk membangun sebuah peradaban, untuk melahirkan mahakarya yang baru, yang juga mengaggumkan kita semua, yang juga diakui dan dikagumi dunia,” jelas Presiden.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, GWK hadir sebagai landmark baru dari pariwisata Bali seperti halnya New York dengan Liberty Statue, atau Brazil dengan patung Christ the Redeemer. GWK akan bisa menjadi salah satu pusat pertumbuhan pariwisata Bali yang dapat mengangkat daerah sekitarnya untuk bersama-sama membangun pariwisata yang muaranya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar), I Gde Pitana mengatakan, Kemenpar menyambut baik dan mengapresiasi keberadaan patung GWK dan Taman Budaya GWK.

Pitana mengatakan, berdirinya patung GWK akan memberikan manfaat terhadap Bali dan Indonesia. Sebab menurutnya, patung GWK adalah ikon baru bagi pariwisata Indonesia.

“Kami yakin, Garuda Wisnu Kencana akan menjadi identitas Bali dan Indonesia. Karena, Garuda Wisnu Kencana memiliki kesinambungan modernitas dengan budaya tradisional,” kata Pitana. (lip/amu/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here