UNGARANNEWS.COM. UNGARAN TIMUR-  Tim Koalisi pasangan calon Capres-Cawapres nomor urut 01 (Joko Widodo-Ma’ruf Amin)  dan nomor urut 02 (Prabowo Subianto – Sandiaga Uno) telah mendaftarkan berkas Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) sebagai syarat untuk mengikuti Pilpres 2019 yang diselenggarakan di wilayah Kabupaten Semarang. Dan, berkas Tim Koalisi kedua paslon dinyatakan telah lengkap.

Pernyataan demikian disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang Guntur Suhawan seusai menerima berkas LADK paslon nomor urut 2 di gedung KPU Kabupaten Semarang, Minggu (23/9) sore kemarin.  Sebelumnya, pada siang hari KPU telah menerima berkas LADK Tim Koalisi paslon nomor urut 01.

“Berkas yang diajukan Tim Koalisi kedua paslon sudah kami terima dan kami nyatakan komplit. Penyerahan berkas LADK sebagai syarat tim pengusung paslon untuk dapat mengikuti kegiatan kampanye yang hari ini sudah dimulai,” ujar Guntur kepada Jateng Pos.

Dijelaskan, LADK merupakan laporan terkait uang yang disiapkan untuk kegiatan kampanye. Dana tersebut bisa berasal dari pasangan calon, partai politik, atau dari sumbangan-sumbangan perorangan maupun sumbangan korporat atau kelompok masyarakat.

“Tujuan LADK untuk transparansi dana yang akan digunakan selama melakukan kampanye. LADK berisi penerimaan dan pengeluaran pasangan calon dan partai politik selama kampanye,” jelasnya.

Batas waktu penyerahan berkas LADK baik Tim Koalisi maupun parpol yang akan mengusung caleg, menurut Guntur, sesuai ketentuan terbaru dari KPU Pusat pada hari Minggu (23/9) kemarin sampai jam 18.00 WIB. Hingga sore kemarin selain Tim Koalisi, seluruh parpol pengusung caleg yang berjumlah 15 juga sudah menyerahkan LADK.

“Dari 15 parpol yang sudah menyerahkan LADK ada 4 parpol yang masih perlu perbaikan berkas, yakni PPP, PSI, PAN, dan PBB. Kami akan tunggu perbaikan LADK selama lima hari yakni mulai tanggal 23 sampai 27 September 2018,” ujarnya.

Sementara itu, Tim Koalisi dari dua paslon saat menyerahkan LADK kemarin diikuti para ketua parpol dan unsur pimpinan parpol pengusung. Paslon nomor urut 01 diusung Tim Koalisi masing-masing PDIP, Golkar, PPP, PKB, Hanura, Nasdem, PSI,  Perindo, dan Garuda. Sedangkan Tim Koalisi  pengusung nomor urut 02 masing-masing Gerindera, PKS, PAN, Demokrat, dan Berkarya.

Ketua Tim Pemenangan Paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno,  Joni Budi Raharjo, SH mengatakan, Tim Koalisi segera merapatkan barisan untuk bermusyawarah bersama menentukan stategi pemenangan. Pihaknya optimis Prabowo-Sandi akan memenangi Pilpres di Kabupaten Semarang.

“Tim Koalisi Probowo-Sandi optimis dapat memenangi Pilpres. Meski demikian dalam pelaksanaan pemilu kita tetap akan menjaga kondusifitas masyarakat di Kabupaten Semarang,” ujarnya. (amu/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here