Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen Wuryanto (berdiri) bersama perwakilan partai dan masyarakat seusai Apel 3 Pilar, Rabu. FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN TIMUR- Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono menyampaikan Indek kerawanan wilayah Jawa Tengah dalam Pemilu 2019 dinilai relatif aman. Meski demikian Polda Jawa Tengah bersama jajaran tetap mewaspadai jika sewak-waktu terjadi konflik dalam masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan seusai memberi sambutan dalam acara Apel 3 Pilar (Babinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa/Kelurahan) dalam rangka mensukseskan pengamanan Pemilu 2019 yang damai, aman dan sejuk di pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Rabu.

“Berdasarkan data yang dirilis Bawaslu indek kerawanan wilayah Jateng kategori tengah ke bawah, artinya dalam kondisi aman. Meski demikian kita tidak boleh lengah. Di sini peran penting 3 Pilar yakni Babinsa, Babinkamtibmas, Kepala Desa dan Kelurahan kita butuhkan menjadi yang terdepan,” ujar Irjen Condro.

Dijelaskan, kondisi dalam masyarakat yang terjadi perbedaan agar tidak terpolarisasi oleh aparat yang tergabung dalam 3 Pilar terus direkatkan melalui sosialisasi dan kegiatan yang tidak hanya berkaitan dengan politik. Upaya pendekatan lebih memudahkan kondusifitas masyarakat tetap terjaga.

“Kita berharap dalam Pemilu 2019 mendatang unsur Polda, Kodam, Pemerintah Daerah, dan KPU turut menyukseskan terselenggara semua tahapan Pemilu yang damai dan partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya dapat optimal,” tegasnya.

Upaya pengkondisian juga dilakukan melalui pengawasan terhadap perkembangan di dunia maya. Khusus untuk pengamanan ini, di setiap jajaran Polda sudah dibentuk satgas kampanye hitam yang bertugas memantau jika ada konten yang negatif yang beredar di media sosial. Dikhawatirkan beredarnya konten dapat memantik kerawanan di masyarakat.

“Petugas Cyber Patrol akan aktif melakukan patrol di dunia maya. Jika menemukan dugaan konten negatif akan didalami apakah temuan itu masuk ranah Bawaslu, Gakkumdu atau UU ITE. Fungsi 3 Pilar ini juga agar hirup pikuk di dunia maya tidak sampai masyarakat terpengaruh,” tandasnya.

Sementara acara Apel 3 Pilar dihadiri Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Wuryanto, Danrem, Dandim, Kapolres, Kajari, Bupati Semarang dan aparat perwakilan dari jajaran yang tergabung dalam 3 Pilar. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here