UNGARANNEWS.COM. SEMARANG- Perayaan pergantian tahun baru Imlek 2570 diperingati masyarakat Cina malam hari ini (4/2/2019). Sebelum digelar perayaan, puluhan umat Tri Dharma baik tua dan muda berkumpul dan melaksanakan tradisi bersih bersih rupang (kimsin Dewa-Dewi) di sejumlah tempat peribadatan Tri Dharma kelenteng maupun vihara.

Seperti yang digelar di kelenteng Kwan Sing Bio Jl.Tanggul Mas Raya 9 ( Tanah Mas) Semarang – Jawa Tengah pada Minggu (27/1) pagi.

Sebelum dilaksanakan tradisi bersih bersih terlihat puluhan umat berdoa bersama di depan altar utama Dewa Namo Cia Lan Phu Sa (Dewa Kwan Kong).

Setelah doa bersama di Altar utama dilanjutkan berdoa di altar Tri Dharma. Setelah itu terlihat beberapa umat sibuk menurunkan rupang Dewa untuk dimandikan dengan air yang dicampur bunga kembang telon ( mawar, melati, kantil).

Selain Kimsin atau patung Dewa juga perabot lain seperti baju kebesaran Dewa diganti yang baru, bendera kebesaran, Hio lo ( tempat abu) dan lain-lain juga dibersihkan.

Salah seorang umat yang ikut tradisi bersih bersih, Jovan (37) warga Ngablak Indah Semarang Barat mengatakan, bahwa dirinya selalu ikut dalam kegiatan bersih bersih kelenteng sebelum datangnya Sincia (tahun baru imlek).

“Ini sebagai bentuk penghormatan kepada Dewa. Harapannya dalam mengarungi tahun baru imlek 2570 kami berharap mendapat hoki, rejeki, keselamatan dan berkah dari Kongco (Dewa),” ujarnya. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here