UNGARANNEWS.COM. UNGARAN BARAT- Upacara Sedekah Bumi RW 2  Rejosari, Kelurahan Genuk, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang digelar meriah, Sabtu (9/3/2019). Upacara sebagai wujud rasa syukur warga atas berkah dan keselamatan yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa ini dimeriahkan pentas seni dan hiburan wayang kulit sehari semalam.

Menghadirkan dalang kondang asal Demak, Ki Joko Hadiwijoyo (Joko Edan) yang menampilkan dua lakon berbeda dalam pertunjukan yang digelar siang dan malam.

Malam sebelum digelar wayang kulit terlihat istimewa dengan kehadiran Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha yang berkenan memberikan sambutan sekaligus menyerahkan wayang pembuka sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang kulit semalam suntuk tersebut.

Ketua Panitia Sedekah Bumi RW 2 Rejosari, FX Pardiman mengatakan pagelaran wayang kulit digelar dua kali pementasan dengan lakon yang berbeda.

“Pertunjukkan pertama digelar siang hari dengan lakon Sri Boyong, pertunjukkan sesi kedua malam hari menampilkan lakon Pandowo Bekti. Kita juga menggelar siang untuk memberi kesempatan kepada anak-anak dan ibu-ibu untuk turut menyaksikan, karena wayang kulit tidak harus malam hari,” ujarnya.

Tujuan kegiatan, menurutnya, sebagai ungkapan rasa syukur warga atas keselamatan dan keberkahan yang didapat di lingkungan RW 2. Upacara ditandai dengan kegiatan bersih-bersih kali dan lingkungan serta doa bersama.

“Sedekah Bumi ini kita gelar juga menandai rasa syukur kita telah selesainya kegiatan bersih-bersih di sekitar kita. Merupakan kearifan lokal untuk menghormati lingkungan kita yang telah memberikan ketenangan dan kedamaikan kepada seluruh warga,” ungkapnya.

Wakil Bupati Semarang Ngesti Waluyo dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas terlaksananya kegiatan yang telah menjadi tradisi warga secara turun-temurun ini.

“Sedekah Bumi merupakan tradisi yang perlu kita lestarikan dan uri-uri sampai anak cucu kita mendatang. Sebagai wujud terima kasih kita kepada Allah SWT atas lingkungan dan alam semesta yang telah memberi kesejahteraan dan keselamatan kepada kita semua,” ujarnya.

Tidak lupa, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang ini menyampaikan pesan kepada para orangtua agar senantiasa memperhatikan pergaulan anak-anak. Pengaruh lingkungan sangat kuat dalam membentuk karakter anak-anak, untuk itu warga diminta bersama-sama menjaga lingkungan dari perilaku yang tidak baik.

“Nasib anak-anak kita dan generasi mendatang menjadi tanggungjawan kita bersama. Jauhkan anak-anak dari pengaruh narkoba dan perilaku yang menyimpang lainnya. Selama ini narkoba sudah menjadi musuh kita bersama karena sangat merusak kehidupan dan masa depan generasi kita mendatang,” tandasnya. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here