Seorang penari tampil saat peresmian Kampung KB "Sembada" Dusun Tawang Desa Samirono Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, Senin (22/7/2019). FOTO:HMS/UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. GETASAN- Ketua kelompok kerja (pokja) Kampung KB “Sembada” Dusun Tawang, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Slamet (38) mengatakan  aneka produk yang dihasilkan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Dusun Tawang mulai dikenalkan khalayak ramai lewat internet.

Meski masih terbatas, sudah ada anggota kelompok yang menawarkan aneka produk hasil usaha lewat media sosial.

“Sebagian besar memang masih ditawarkan dan dititipkan di warung sekitar dusun. Namun pemasaran melalui internet juga sudah dilakukan meski masih terbatas di media sosial,” terangnya di sela-sela peresmian Kampung KB “Sembada” di Dusun Tawang, Samirono, Getasan.

Peresmian Kampung KB “Sembada” ditandai dengan pemukulan gong oleh Camat Getasan Gustomo Haryanto. Ikut menyaksikan perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB (DP3AKB) Kabupaten Semarang, Forkompimcam Getasan, para Kepala Desa se Getasan dan ratusan warga setempat yang terletak di lereng Gunung Merbabu itu.

Ditambahkan oleh Slamet, produk UPPKS yang selama ini dibuat antara lain kerajinan tas dari limbah dan bahan bekas, aneka kerupuk dan makanan tradisional. Pihaknya akan menjalin kerja sama dengan pihak terkait untuk meningkatkan mutu pemasaran maupun pengemasan.

“UPPKS memang terbukti bisa menambah pendapatan warga. Kami akan terus mendorong warga untuk aktif dan kreatif membuat produk yang bernilai ekonomis,” ujarnya lagi.

Kepala Bidang Keluarga Sejahtera DP3AKB, Listiyani Aryani mengatakan pihaknya akan menggandeng seluruh UPPKS untuk mempromosikan aneka produk via internet. Nantinya, seluruh produk yang dihasilkan akan diunggah di website resmi Pemkab Semarang agar mempermudah promosi.

“Harapannya produk hasil UPPKS itu dapat dikenal luas. Sehingga akan memperluas pemasaran sekaligus meningkatkan pendapatan warga,” jelasnya. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here