Peresmian kolam ikan di sungai Kebonan, Desa Randugunting, Kecamatan Bergas sebagai wujud kepedulian CCAI Jawa Tengah terhadap lingkungan sehat dan bermanfaat, Jumat (30/8/2019). FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. BERGAS- Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) Jawa Tengah menginisiasi pembangunan kolam ikan di sungai di lingkungan Dusun Kebonan, Desa Randugunting, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

Pembangunan kolam ikan di sungai untuk mewujudkan Dusun Kebonan menjadi salah satu rintisan program Kampung Iklim (ProKlim), program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta penurunan emisi gas rumah kaca.

Kolam ikan yang selanjutnya diserahkan warga setempat untuk mengelola tersebut dibuat sistem karamba yang di dalamnya diisi ratusan bibit ikan jenis nila. Keberadaan ikan budidaya tersebut diharapkan dapat menjadi indikator alami untuk mengetahui kualitas air yang mengaliri sungai Kebonan.

Public Affairs & Communications Coca-Cola Amatil Indonesia Jawa Tengah. Satria Ramadhani, mengatakan kolam ikan di sungai Kebonan merupakan program pertama yang dijalankan di area Kabupaten Semarang.

”CCAI bersama dengan warga Dusun Kebonan berharap bahwa inisiatif ini dapat mendukung sungai yang mengalir di area manufaktur dan pemukiman warga terjaga kebersihannya. Aliran sungai Kebonan ini selanjutnya bermuara ke sungai Jatijajar dan Klampok, sehingga dapat bermanfaat sebagai sumber irigasi pertanian warga di dusun lain yang terdampak positifnya,” ujarnya di sela-sela acara launching kolam ikan di sungai Kebonan, Jumat (30/8/2019) siang.

Dijelaskan Rama –panggilan akrabnya—, CCAI peduli lingkungan yang bersih sebagai  kunci penting dalam menciptakan masyarakat yang sehat dan kuat. Hal tersebut merupakan dasar bisnis yang berkelanjutan, terutama bagi masyarakat yang bersentuhan langsung dengan area produksi CCAI.

Salah satu warga Dusun Kebonan, Yan mengatakan, warga menyambut baik dan berterima kasih kepada CCAI yang telah memberikan perhatian dan bantuan membuatkan kolam sungai.

”Kami menyambut baik inisiatif warga dengan membantu terlaksananya program Kolam Sungai ini, dan kami juga berharap bahwa masyarakat akan merasakan manfaat positif dari kegiatan ini,” ujarnya.

Selain Kolam Sungai, CCAI – CJ juga telah melakukan banyak pembinaan terhadap warga melalui program Desa Mandiri Lestari, salah satunya melaluipembuatan kerajinan yang berasal dari limbah kemasan plastik dan batik Shibori.

CCAI juga selalu berupaya untuk mendukung pengembangan masyarakat melalui berbagai inisiatif sosial kemasyarakatan seperti pemberian bantuan pendidikan bagi anak-anak berprestasi di sekitar fasilitas CCAI, penyediaan layanan kesehatan secara cuma-cuma di setiap poliklinik CCAI, dukungan penanaman pohon, program pemberdayaan masyarakat lewat program Coca-Cola Forest, serta pengembangan bibit muda sepak bola melalui Coke Kicks. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here