Pelatihan pemberdayaan Posyandu Lansia di Desa Udanwuh, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang. FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. KALIWUNGU- Kelompok KKN Universitas Ngudi Waluyo (UNW) Ungaran mengadakan pelatihan Kader Lansia bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan Posyandu Lansia di Desa Udanwuh, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang.

Tujuan diselenggarakan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan kader tentang posyandu, meningkatkan keterampilan penggunaan alat kesehatan dan meningkatkan keterampilan untuk demonstrasi lima meja.

“Kader diberikan edukasi dan informasi mengenai peran dan fungsi penting kader dalam pelaksanaan posyandu lansia di Desa Udanwuh,” ujar perwakilan Kelompok KKN UNW Desa Udanwuh, Rifqi kepada UGARANNEWS, Minggu (1/9/2019).

Menurutnya, KKN yang diselenggarakan oleh UNW merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Pemberi materi dalam kegiatan ini, lanjut Rifqi, disampaikan oleh beberapa  pemateri diantaranya, Kepala UPTD Puskesmas Kaliwungu dr. Listyobudi Wijayanti, dan dosen pembimbing KKN UNW Liyanovitasari, S.Kep., Ns., M.Kep.

“Kader lansia diedukasi cara senam kaki diabetic  (DM). Diajarkan cara deteksi masalah psikososial lansia.  Selain itu mendeteksi penyakit umum lansia seperti DM, hipertensi, asam urat, dan penyakit mental lansia demensia, depresi, alzheimer, kecemasan dan insomnia,” jelasnya.

Pelatihan mendapat dukungan dari pihak pemerintah desa serta jajaran perangkat dan Pos Kesehatan Desa (PKD) yang melibatkan bidan desa. Begitu juga partisipasi dari para kader turut membantu melancarkan pelatihan. (ril/abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here