FOTO:ILUSTRASI/IST

UNGARANNEWS.COM. TUNTANG-  Kebakaran lahan kembali terjadi, kali ini giliran lahan perkebunan milik Perusda Tlogo di Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Selasa (10/9/2019). Api pertama kali diketahui  muncul sekitar pukul 14.30 wib.

Kebakaran menyebabkan lahan yang dipenuhi pohon karet dan perdu seluas 11 hektar ludes dilalap Si Jago Merah.

Kapolsek Tuntang AKP Susanto melalui Kanit Reskrim Aiptu Yulius mengatakan berdasarkan laporan kebakaran dalam waktu bersusulan terjadi di tiga titik. Pertama terjadi di Desa Watuagung diduga penyebab kebakaran dari pembakaran di lahan milik warga.

“Api dapat dipadamkan oleh warga dengan menggunakan peralatan seadanya. Kebakaran selanjutnya terjadi di wilayah Dusun Delik, Desa Delik. Warga setempat dibantu karyawan Perusda Tlogo melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Api berhasil dipadamkan,” jelasnya.

Disusul kemudian kebakaran di lahan perkebunan milik Perusda Tlogo di wilayah masuk Desa Watuagung, Kecamatan Tuntang. Dalam kebakaran ini api menyebar dengan cepat karena lokasi banyak daun kering dan angin bertiup kencang.

“Karyawan Perusda dibantu warga setempat sudah melakukan upaya memadamkan namun tidak berhasil, api sudah keburu membesar. Kejadian kemudian dilaporkan ke petugas Damkar,” tambahnya.

Disebutkan, enam unit mobil Damkar Kabupaten Semarang didatangkan untuk melakukan pemadaman. Petugas dibantu relawan, warga setempat, serta petugas dari Polsek Tuntang dan Koramil Tuntang api akhirnya dapat dipadamkan sekitar pukul 21.00 wib.

Meski demikian warga sekitar masih berjaga-jaga untuk mengantisipasi kemungkinan  akan muncul kembali titik api. (abi/tm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here