Pembina Yayasan Sosial Dakwah Nur Hidayah, Joko Widodo membagikan sembako murah saat bakti sosial diadakan PAUD IT Cahaya Ummat, Minggu (15/9/2019). FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. PRINGAPUS- Dalam rangka memeriahkan kemuliaan bulan Muharam 1441 Hijriah Keluarga besar PAUD IT Cahaya Ummat menggelar kegiatan sosial dengan menyantuni anak yatim piatu, sembako murah, dan pengobatan gratis di Dusun Mranak Desa Wonorejo Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, kemarin. Bakti sosial diadakan PAUD IT Cahaya Ummat bekerjasama dengan Pengurus Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG) PAUD IT Cahaya Ummat.

Ketua POMG PAUD IT Cahaya Ummat, Fauzum Mahmudah mengatakan, di bulan Muharam ini pihaknya ingin memberikan bantuan kepada anak-anak yatim dan masyarakat dhuafa untuk meringankan beban hidup mereka.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami untuk membantu meringankan beban kehidupan mereka dan memberikan kegembiraan dihati mereka,“ ujar Fauzum Mahmudah yang juga anggota DPRD Kabupaten Semarang ini.

Dia bersyukur bahwa pihak orang tua murid selalu mendukung setiap kegiatan PAUD IT Cahaya Ummat yang memang benar-benar bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat.
Kepala sekolah PAUD IT Cahaya Ummat, Yunita Maulia Astuti di sela-sela kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim dan kaum duafa menjelaskan, bahwa selain kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim dan kaum duafa, pihaknya juga mengadakan beberapa kegiatan penunjang lainnya, diantaranya penjualan sembako murah, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

“Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya kami selalu mengambil moment Muharam ini utk memberikan kemanfaatan kepada masyarakat dengan program unggulan kami bakti sosial dan pemeriksaan kesehatan gratis,” tegasnya.

Disebutkan, kali ini disiapakan 200 paket sembako murah. Dia sangat bersyukur karena masyarakat menyambut dengan antusias karena mereka benar-benar membutuhkan. Pemeriksaan kesehatan PAUD IT Cahaya Ummat bekerja sama dengan Prodi D3 Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo UNW) Ungaran, dipimpin salah seorang dosen Eka Adimayanti, S.Kep.Ns., M.

Melengkapi kegiatan di bulan penuh kebaikan ini digelar Pengajian Muharam yang disampaikan oleh Pembina Yayasan Sosial dakwah Nur Hidayah, Ustad Joko Widodo yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Semarang.

Dalam ceramahnya, Ustadz Joko Widodo mengingatkan agar masyarakat khusus kaum muslimin menjadikan bulan Muharam ini untuk memperbaiki diri dan berbenah diri serta memperbanyak amal sholih,dengan mencoba membina diri menjadi pribadi-pribadi yang bisa memberikan manfaat, dengan membangun semangat kebersamaan, gemar berbagi dengan sesama.

Manusia diciptakan dengan dua potensi, taqwa dan fujur (bermaksiat). Tugas kita di dunia ini adalah mengoptimalkan potensi Taqwa kita dan mengendaliakan hawa nafsu kita untuk meminimalisir potensi maksiat kita,“ tegas Joko Widodo.
Mengoptimalkan potensi taqwa dapat dilakukan dalam dua dimensi yaitu dimensi Ibadah/keimanan kepada Allah, dan dimensi muamalah kepada sesama manusia. Dan bulan muharam ini merupakan momentum kita untuk meningkatkan potensi ketaqwaan kita dalam kedua dimensi.

“Dimensi ibadah dengan memperbanyak amalan kita baik sholat, puasa maupun bedzikir kepada Allah, dan dimensi muamalah dengan berbagi kepada sesame “ jelasnya lagi.
Acara bakti sosial ini dilaksanakan sejak pagi hingga siang, dan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi warga, sebanyak 29 anak yatim dan duafa mendapatkan santunan dalam kegiatan bakti sosial ini.

“Kita ingin berbagi kepada anak yatim dan duafa yang ditawarkan di dusun Pluang ini,” tambah Sriyantiningsih selaku Ketua Panitia kegiatan bakti sosial.

Melalui kegitan ini sekaligus dimanfaatkan untuk mempererat tali silaturahmi antara masyarakat, perangkat Desa dan lembaga sosial dan dakwah Cahaya Ummat. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here