Rombongan keluarga besar alumni SMPN 1 Ungaran dan alumni SMAN 1 Ungaran berfoto bersama para guru dan siswa sebelum mengirim bantuan air bersih ke desa-desa di Kecamatan Bancak. FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. BANCAK- Ikatan Keluarga Alumni SMPN 1 Ungaran (Ika Spensangar) bersama Ikatan Alumni SMA N 1 Ungaran (Ilusmastura) mengadakan bakti sosial membantu air bersih untuk warga beberapa Desa di Kecamatan Bancak, Kabupaten yang sedang mengalami kekeringan.

Kegiatan diadakan Minggu (15/9/2019) melibatkan puluhan alumni SMP N 1 Ungaran dan SMA N 1 Ungaran yang dimotori oleh Ketua Umum Ika Spensangar sekaligus Ketua Umum Ilusmastura, Wawan Hari Purwanto didampingi Ketua Harian Ika Spensangar, Nurdin Ma’ruf dan Ketua Harian Ilusmastura, Khumaidi. Turut pula dalam kegiatan ini para pengurus OSIS dari kedua sekolahan tersebut beserta para guru.

Rombongan berangkat dari halaman SMP N I Ungaran sekitar pukul 08.00 wib dengan dikawal mobil Patwal Polres Semarang. Bantuan air bersih kali ini sebanyak 27 tangki dengan kapasitas masing-masing 6.000 liter. Iring-iringan rombongan yang begitu panjang sempat menjadi perhatian masyarakat di sepanjang jalan dilalui sejauh sekitar 60 km.

Wawan Hari Purwanto mengatakan, bakti sosial ini diadakan setiap tahun, karena setiap musim kemarau warga di sejumlah desa di Kabupaten Semarang banyak yang mengalami kekurangan air. Guna mendistribusikan bantuan ke lokasi yang tepat sasaran pihaknya mengkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Semarang untuk meminta arahan.

“Kami mencoba tanggap akan situasi-situasi yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat di Kabupaten Semarang. Salah satunya dengan kegiatan bakti sosial seperti ini, mereka sangat terbantu karena benar-benar membutuhkan bantuan air bersih,” ujarnya.

Camat Bancak Febru Suryanto mengatakan pihaknya mewakili warga menyampaikan banyak terima kasih atas kepedulian nyata dari para Alumni SMP N 1 Ungaran dan SMA N 1 Ungaran. Bantuan ini sangat membantu warga dengan menyambut penuh suka cita.

“Semoga ke depan Spensangar dan Ilusmatura selalu tanggap akan keadaan yang terjadi di masyarakat, khususnya masyarakat yang membutuhkan bantuan,“ ungkapnya.

Ketua Harian Spensangar, Nurdin Ma’ruf menjelaskan bakti sosial merupakan agenda tahunan untuk mewujudkan bahwa alumni SMPN 1 Ungaran adalah bagian dari masyarakat.

“Kami berharap kegiatan- kegiatan yang akan dilaksanakan oleh IKA SMPN 1 Ungaran itu sendiri harus dapat dirasakan pula manfaatnya oleh masyarakat secara umum, terutama di Kabupaten Semarang,” tegas Nurdin.

Kepala sekolah SMP N 1 Ungaran, Tatik Arlinawati mengatakan sekolahan sengaja mengajak anak-anak pengurus OSIS untuk hadir langsung membantu orang-orang yang membutuhkan.

“Kami ajak para siswa terlibat dalam kegiatan ini untuk menumbuhkan jiwa sosial mereka agar tergugah membantu masyarakat yang membutuhkan, dan bermanfaat bagi sesama,“ ujar Kepala sekolah SMP N 1 Ungaran, Tatik Arlinawati yang turut bersama rombongan mengirim bantuan air ke Bancak.

Sementara itu, Koordinator Bakti Sosial, Arif Purwanto berharap agar Bupati Semarang atau Gubernur Jawa Tengah lebih memperhatikan kondisi masyarakat di pelosok Desa di Kabupaten Semarang yang membutuhkan bantuan, dan memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan seperti kekeringan yang dihadapi masyarakat saat ini.

“Kami mengusulkan agar program sumur resapan direalisasikan dimasyarakat untuk menanam air, agar sumber air tidak mudah mati, bumi akan terasa lebih sejuk dan menghindarkan dari pendangkalan sungai, jadi tidak lagi mengandalkan lubang biopori saja,“ tandasnya. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here