Pemeriksaan tes urin penghuni kos-kosan. FOTO:ILUSTRASI/IST/LIPUTAN

UNGARANNEWS.COM. TEGAL- Sebanyak 20 penghuni rumah kos Kelurahan Randugunting, Kota Tegal menjalani tes urine, kemarin. Hal itu, terungkap setelah relawan dan penggiat anti narkoba, Babinsa serta Babinkamtibmas Kelurahan Randugunting menyisir 20 kamar kos kemarin.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal Igor Budi Mardiyono menjelaskan, digelarnya sweeping dan tes urine terhadap penghuni rumah kos di Randugunting untuk menguatkan komitmen kampung bersih narkoba. Sebab, sebagai upaya preventif sekaligus optimalisasi jejaring di lingkungan tingkat kelurahan dibutuhkan partisipasi aktif masyarakat.

“Hasilnya, dari 20 penghuni kos yang dites urine semuanya negatif atau nihil narkoba,” ujarnya.

Lebih lanjut Igor menuturkan, selain tes urine penghuni rumah kos juga diperiksa secara fisik termasuk pupil mata. Tujuannya, memastikan kondisi penghuni rumah kos tidak dalam pengaruh narkoba atau obat-obatan terlarang. Di sisi lain, penguatan partisipasi aktif stakeholder terkait dalam penjaringan tes urine juga menjadi wujud sinergitas kampung bersih narkoba.

“Dalam waktu dekat, penjaringan penghuni rumah kos juga akan digelar secara mendadak di lima kelurahan,” terangnya.

Penjaringan penghuni kos tersebut, Igor menambahkan, merupakan tindak lanjut realisasi kampung bersih narkoba yang terus digencarkan di semua wilayah Kota Tegal. Harapannya, Kota Tegal bisa Bersih dari Narkoba (Bersinar) dengan mengalihfungsikan pengawasan hingga tingkat Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW).

“Sehingga, masyarakat bisa berperan aktif untuk memberikan informasi terkait titik rawan atau potensi penyalahgunaan narkoba bisa lebih dipersempit,” imbuhnya. (rateg/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here