Suhu Vihara Avalokitesvara Sri Kukusredjo Gunung Kalong, The Tjoe Thwan (kanan) memimpin bersih-bersim kimsin dan rupang, Minggu (19/1/2020). FOTO:ABI/UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN TIMUR- Menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili umat Tri Dharma mengadakan bersih-bersih patung dewa-dewi (kimsin) atau rupang di Vihara Avalokitesvara Sri Kukusredjo Gunung Kalong, Susukan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Minggu (19/1/2020).

Ribuan kimsin yang berada di ruang sembahyang diturunkan dari altar dan dikeluarkan untuk dibersihkan. Dikumpulkan di depan ruangan dan diletakkan di atas meja yang sudah dijajar.

Suhu Vihara Gunung Kalong, The Tjoe Thwan mengatakan tradisi ini menandai Toa Pekong  atau Dewa Dapur naik ke langit menghadap Tuhan melaporkan amalan umat selama setahun kemarin.

“Partisipasi umat yang datang untuk bersih-bersih patung cukup banyak, kami senang dan berterima kasih. Umat turut membantu Pengurus Vihara sampai kegiatan ini selesai dengan lancar,” ujar Suhu Thwan seusai kegiatan.

Menurutnya, upacara bersih-bersih kimsin merupakan rangkaian menyambut perayaan Imlek yang jatuh pada tanggal 25 Januari mendatang. Salah satu tujuannya, merenungkan apa yang sudah dikerjakan selama setahun kemarin. Sebagai introspeksi untuk lebih baik memasuki lembaran baru di tahun depan.

“Seiring tradisi ini kita memanjatkan doa kepada Tuhan Allah agar ke depan semuanya bisa berjalan lancar. Memulai tahun baru dengan lembaran baru menjadikan kita lebih baik,” jelasnya.

Setelah para dewa naik ke kahyangan, menurut Suhu Thwan ritual dalam waktu dekat  ini adakan diadakan Sembahyang  Sincia (Tahun Baru Imlek) yang akan diadakan pada hari Sabtu tanggal 25 Januari 2020 mendatang tepat memasuki dini hari.

Dilanjutkan ritual menyambut turunnya Dewa Dewi kembali ke bumi pada hari keempat bulan 1 Imlek, pukul 11.00 WIB atau pada tanggal 28 Januari siang mendatang.

Masih dalam rangkaian ritual Imlek, akan digelar sembahyang King Thi Kong atau sembahyang Tuhan Allah yang diadakan malam pada hari kesembilan bulan 1 imlek, atau tanggal 2 Februari mendatang.

“Menutup rangakan ritual memperingati tahun Baru Imlek 2571 diadakan perayaan Cap Gomeh pada tanggal 8 Februari mendatang. Tidak lupa kita turut mendoakan masyarakat semoga di tahun Tikus besok kita semua diberi keberkahan dan perlindungan. Jangan lupa selalu eling lan waspodo,” pungkasnya. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here