Gunung Sindoro berkabut terlihat dari Jalan Raya Kledung, Temanggung. FOTO:ABI/UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. TEMANGGUNG- Pendakian Gunung Sindoro melalui Kledung, Kabupaten Temanggung yang ditutup sejak 6 Januari 2020 dibuka kembali pada mulai Rabu tanggal 22 Januari 2020 hari ini.

Ketua Grasindo Riyan Indra Prayudha selaku pengelola Basecamp Kledung, mengatakan dibukanya kembali pendakian Gunung Sindoro via Kledung karena cuaca sudah mulai kondusif untuk aktivitas pendakian.

Selama musim hujan ini, pihaknya akan melakukan reboisasi yang melibatkan para pendaki. Beberapa jenis tanaman yang akan ditanam, salah satunya pohon beringin sebagai pohon penyangga. Makin banyak pohon beringin di atas, makin baik untuk sumber air.

Selama penutupan pendakian Gunung Sindoro via Kledung, pihaknya melakukan revitalisasi jalur dengan membenahi beberapa hal yang kurang layak untuk dilalui dan mengembalikan jalur yang tidak seharusnya dilalui karena ada pohon tumbang.

Menurut dia, hal itu dilakukan agar tidak terjadi pelebaran jalur dan pencabangan yang mengakibatkan kerusakan ekosistem di area jalur pendakian. Selain itu, dilakukan pemasangan papan petunjuk di area puncak.

Sementara itu, Anministratur Kesatuan Pemangku Hutan Kedu Utara Erwin menambahkan pembukaan jalur pendakian setelah ada kesepakatan Perhutani dengan instansi terkait serta basecamp pengelola pendakian.

“Dibuka juga untuk bisa memantau atau memonitor siapa yang naik ke gunung, melalui jalur mana sehingga kalau terjadi apa-apa bisa memonitor,” katanya. (ant/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here