Virus Corona Diduga Berasal dari Sup Kelelawar, Kuliner yang Memang Populer di Wuhan. FOTO:VIA THE SUN/IST

UNGARANNEWS.COM.  JAKARTA- Epidemi virus corona yang tengah menyebar secara global penyababnya masih dalam penelitian. Ada yang menduga berasal dari laboratorium di Wuhan, China terkait dengan program senjata biologi rahasia China. Ada pula yang menyimpulkan berasal sup kelelawar yang menjadi masakan khas setempat.

Minggu ini, Radio Free Asia menyiarkan ulang laporan televisi lokal Wuhan dari tahun 2015 lalu, yang menunjukkan laboratorium penelitian virus paling maju di China, yang dikenal sebagai Institut Virologi Wuhan.

Laboratorium itu adalah satu-satunya tempat yang dinyatakan China mampu mengerjakan virus-virus mematikan.

Mantan petinggi intelijen militer Israel yang telah mempelajari senjata biologi China, Dany Shoham, mengatakan kalau institut ini berhubungan dengan program senjata biologi rahasia Beijing.

“Laboratorium tertentu di institut ini mungkin terlibat dalam hal penelitian dan pengembangan senjata biologis China. Setidaknya sebagai pelengkap, namun bukan sebagai fasilitas utama penyelarasan senjata biologi,” katanya dikutip dari Washington Times, Sabtu, 25 Januari 2020.

Asumsi lain menyebutkan virus yang telah menewaskan 50 lebih orang tersebar di berbagai negara ini, diduga berasal dari sup kelelawar, sebuah makanan populer di Wuhan.

Para ahli percaya kelelawar buah bisa menjadi “tuan rumah” bagi virus tersebut ketika para peneliti meremehkan kondisinya yang mirip dengan pneumonia dan SARS.

Kota Wuhan saat ini ditutup atau diisolasi karena virus terus menyebar. Pemerintah Kota Wuhan mengatakan semua jaringan transportasi perkotaan ditutup. Penerbangan keluar dari kota itu mulai ditangguhkan sejak pukul 10.00 hari Kamis (23/1/2020).

Pemerintah kota juga mendesak warga untuk tidak meninggalkan Wuhan tanpa keadaan khusus. Para ilmuwan percaya “perantara” yang tidak diketahui diduga telah menyebarkan penyakit misterius tersebut.

Sup kelelawar mulai disalahkan sebagai biang munculnya virus di Wuhan setelah gambar-gambar masakan yang mengganggu itu menyebar secara online.

Sebuah gambar video aneh menunjukkan kelelawar yang menyeringai dengan bagian dalamnya yang matang mengambang di antara kaldu dalam mangkuk sebelum dikonsumsi oleh seorang perempuan.

Video juga memperlihatkan seorang perempuan memasukkan salah satu makhluk itu ke dalam mulutnya dengan sumpit sambil makan bersama teman-teman yang menunjukkan reaksi yang sama.

“Tuan rumah alami coronavirus Wuhan bisa jadi kelelawar… tetapi antara kelelawar dan manusia mungkin ada perantara yang tidak diketahui,” bunyi pernyataan dari para ilmuwan yang diterbitkan di South China Morning Post. (WE/sin/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here