Ketua DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten Semarang Nurdin Makruf membagikan jus jambu saat bakti sosial di Jalan Ahmad Yani Ungaran, Minggu (12/4/2020). FOTO:ABI/UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN TIMUR- Aksi Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Kabupaten Semarang membagi-bagikan masyarakat jus jambu kepada masyarakat, Minggu (12/4/2020) lalu mengedukasi pentingnya manfaat minuman segar ini untuk menangkal virus corona atau Covid-19.

Ketua DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten Semarang Nurdin Makruf menjelaskan inisiatif membagikan jus jambu di sela-sela pembagian masker, mengikuti rekomendasi peneliti IPB Bogor akan manfaat jus jambu menangkal virus corona.

“Berdasarkan rekomendasi rektor IPB Bandung bahwa jus jambu sangat efektif menangkal Covid-19, memiliki kandungan vitamin tinggi dapat meningkatkan imunitas tubuh. Kami sampaikan kepada masyarakat agar membiasakan mengkonsumsi jus jambu dan menggunakan masker,” ungkapnya.

Pernyataan itu senada dengan hasil penelitian gabungan peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI), melalui penelitian berbasis bioinformatika, telah berhasil menemukan senyawa yang berpotensi melawan virus SARS-CoV-2.

Senyawa yang dimaksud terkandung dalam buah-buah yang sering masyarakat jumpai, yaitu jambu biji dan jeruk.

“Senyawa yang ada antara lain hesperidin, rhamnetin, kaempferol, kuersetin dan myricetin yang terkandung dalam jambu biji (daging buah merah muda) dan kulit jeruk,” kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

Senyawa yang terdapat dalam dua buah tersebut dianggap cukup lengkap untuk menangkal virus corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok itu.

“Hasil penemuan ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat untuk mencegah dan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus corona,” kata Ari.

Dilansir eMediHealth.com, peneliti sebelumnya juga menemukan bahwa jambu biji bisa dijadikan sebagai alternatif untuk memerangi virus penyebab flu. Kandungan flavanol pada teh jambu biji merupakan antioksidan alami yang memiliki efek antivirus.

Tidak seperti kebanyakan vaksin, flavanol bertindak pada spektrum virus yang luas dan dapat digunakan untuk melawan banyak strain atau galur flu yang muncul. (kum/abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here