Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (tengah) saat menerima bantuan masker secara simbolis dari PT USG Ungaran di kantor Gubernuran, Jumat (17/4/2020). FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN TIMUR- PT Ungaran Sari Garments (USG) Ungaran, Kabupaten Semarang mendonasikan puluhan ribu masker kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Penyerahan bantuan secara simbolis oleh HRD PT USG Ungaran Cipto Santoso didampingi Ketua PSP Serikat Pekerja Nasional (SPN) USG Nurdin Makruf kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Jumat (17/4/2020).

Donasi masker produk PT USG tersebut diharapkan dapat didistribusikan kepada masyarakat di wilayah Jateng yang saat ini sangat membutuhkan untuk pencegahan dan penanganan virus corona atau Covid-19.

PT USG Ungaran Cipto Santoso mengatakan donasi masker sebagai bentuk gerakan mengedukasi masyarakat untuk membiasakan memakai masker agar terhindar dari Covid-19. Dengan memakai masker tidak hanya melindungi diri sendiri dari terjangkit virus namun juga melindungi orang lain.

“Masker kita donasikan merupakan produksi sendiri, kita terbantu dengan fasilitas PMK 171 tentang pembebasan Bea masuk, PPH 21 dan PPN sehingga dapat memproduksi masker dengan bahan impor,” ungkapnya kepada UNGARANNEWS.COM di Ungaran, Sabtu (18/4/2020).

Di tengah kondisi sulit saat ini, lanjut Cipto, pelaku usaha khususnya industri padat karya seperti garment sangat membutuhkan dukungan kebijakan pemerintah lebih fleksibel membuat terobosan lokal market maupun ekspor.

“Dukungan fasilitasi pemerintah mampu membuat bisnis bertahan, selain menghindari PHK besar-besaran ribuan karyawan. Fasilitas yang dibutuhkan antara lain, pembebasan Pajak dalam Rangka Impor (PDRI), meliputi bea masuk PPN, PPH, juga insentif pengurangan tarif listrik, dan lainnya,” jelasnya.

Selain itu, satu faktor penting dalam industri padat karya, lanjut Cipto, menjaga komitmen antara pengusaha dan serikat pekerja untuk bersama-sama melakukan efisiensi, berkorban agar bisa melewati situasi sulit.

Ketua PSP SPN USG Nurdin Makruf mengatakan, mendukung kebijakan pemerintah direalisasikan karena sangat membantu karyawan bisa terus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup yang sangat sulit saat ini.

“Kami serikat pekerja sebagai patner menjalankan hubungan industrial tentunya sangat mendukung dan berharap para pemangku kebijakan bisa merealisasikan kebijakan sesuai diharapkan perusahaan,” ujarnya, Sabtu (18/4/2020).

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo saat menerima bantuan mengatakan selalu mengupayakan kebutuhan perusahaan ke pemerintah pusat. Kelangsungan perusahaan menjadi pusat perhatiannya untuk kelangsungan hidup para karyawan.

“Dampak Covid-19 pengaruhi semua aspek ekonomi dan sosial. Kami sangat prihatin dan mengapreasi keinginan perusahaan agar bisa terus beroperasi menghadapi masa sulit sekarang ini,” tambahnya. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here