Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohening menjalani rapid test di gedung Komisi DPRD, Sabtu (25/7/2020). FOTO:ABI/UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. GEDUNG DPRD- Puluhan anggota DPRD Kabupaten Semarang kembali melakukan rapid test secara swadaya di gedung Komisi komplek DPRD, Sabtu (25/7/2020). Tes ini dilakukan untuk memantau kesehatan para wakil rakyat terkait penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kepala DPRD Kabupaten Semarang Bondan Maturohening mengatakan, rapid test merupakan salah satu agenda rutin yang dilakukan secara berkala selama pandemi Covid-19. Dilakukan untuk memastikan kesehatan dewan karena sering di lapangan menjalankan tugasnya.

“Kali ini tidak hanya anggota dewan, staf Sekwan juga turut menjalani rapid test. Kita lakukan untuk mengetahui sejauh mana kesehatan kita karena mobilitas yang tinggi,” ujarnya kepada UNGARANNEWS.COM, seusai menjalani rapid test.

Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Semarang, M Basari menambahkan, tugas anggota dewan sering bersinggungan dengan masyarakat seperti berkoordinasi dengan konstituen dan kegiatan legislasi perlu melakukan rapid test secara rutin.

“Ini sebagai langkah antisipasi dini, begitu ketahuan hasil rapid test ada yang reaktif langsung dilakukan swab test dan mengisolasikan diri. Perlu dilakukan sebagai tindakan pencegahan untuk kelancaran tugas legislasi,” katanya kepada UNGARANNEWS.COM, Sabtu (25/7/2020).

Lanjut Basari, upaya pencegahan Covid-19 secara massal selain dengan menjalankan protokol kesehatan, pemerintah perlu memperhatikan kebutuhan vitamin masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Imunitas masyarakat perlu ditingkatkan. Kalau misalkan kena tapi imunnya bagus maka virus Corona dengan sendirinya akan mat. Butuh stamina yang kuat,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Semarang mengikuti rapid test massal secara swadaya, diadakan selama dua hari, mulai Jumat (5/6/2020) dan Sabtu (6/6/2020).

Tes cepat ini diadakan sebagai screening awal untuk mengetahui ada atau tidaknya antibodi yang terbentuk setelah terpapar virus corona atau Covid-19. Hari pertama diadakan bersamaan anggota DPRD menggelar Pansus Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Rapid test kita adakan untuk semua anggota DPRD, kalau hari ini belum selesai dilanjutkan besok,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Bondan Marutohening, Jumat (5/6/2020). (abi/tm))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here