FOTO:ILUSTRASI/ISTIMEWA

UNGARANNEWS.COM. BANCAK- Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Jawa Tengah, Lalu M Syafriadi mengatakan telur ayam bersertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV) dijamin bebas dari berbagai mikroba termasuk bakteri salmonella yang berbahaya bagi kesehatan.

“Kita akan dorong seluruh pengusaha produk budidaya dan pengolahan hewan di Jawa Tengah memenuhi standar higien sanitasi untuk mendapatkan sertifikat NKV,” ujarnya usai menyerahkan bantuan ribuan telur kepada warga kurang mampu di Balai Desa Plumutan, Bancak, Kabupaten Semarang, Senin (16/11/2020).

Bantuan telur bersertifikat NKV merupakan kerja sama Disnak Keswan Jateng dengan Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan (Dispertanikap) Kabupaten Semarang. Kabupaten Semarang merupakan salah satu dari lima kabupaten lainnya yang mendapatkan bantuan.

Dalam kesempatan ini Syafriadi menjelaskan, semua unit usaha pengolahan dan budidaya peternakan wajib memiliki NKV sesuai amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan. Peraturan itu dipertegas dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 11 tahun 2020 tentang sertifikasi NKV.

“Ada 21 unit usaha peternakan dan kesehatan hewan yang harus memiliki sertifikat NKV termasuk usaha budidaya ayam petelur,” terangnya. Baca Juga: Distan Gulirkan Bantuan 50 Ranmor Tingkatkan Nilai Tawar Petani

Sampai dengan Semester II tahun 2020 ini, baru 220 atau sekitar 20 persen usaha peternakan di Jateng yang telah memiliki sertifikat NKV. Safriadi mengajak kerja sama seluruh Dinas Pertanian dan Peternakan di Kabupaten / Kota di Jawa Tengah agar tercapai target seluruh usaha peternakan bersertifikat NKV pada tahun 2021.

Kepala Dispertanikap Wigati Sunu melalui Kabid Keswan dan Kesmavet, Yohana Diah Haryuni menjelaskan ada 9 pengusaha ayam petelur di Kabupaten Semarang yang telah bersertifikat NKV.

Mereka memberikan bantuan telur kepada 100 warga di Desa Plumutan dalam rangka pekan Anti Mikroba sedunia.

“Masing-masing warga menerima 2 kg telur,” ujarnya. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here