Perayaan Ulang Tahun ke-50 Cabup Ngesti Basari dirayakan para seniman Kabupaten Semarang di Posko Kemenangan Ngebas dengan memberikan dukungan suara sebanyak 75.000 tanda tangan para seniman dari 19 Kecamatan dibubuhkan dalam lembaran kain yang digulung dan digelar, Minggu (22/11/2020). FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. TUNTANG- Peringatan Ulang Tahun (Ultah) ke-50 Calon Bupati Semarang H Ngesti Nugraha, SH, MH digelar unik oleh pendukungnya para seniman Kabupaten Semarang, Minggu (22/11/2020). Cabup nomor urut 2 berpasangan dengan Cawabup HM Basari, ST, M.Si itu dikado dukungan sebanyak 75.000 suara.

Perayaan dihadiri Ketua DPRD Kab Semarang Bondan Marutohening, Dewan Kesenian Kabupaten Semarang Sarwoto (Ndower), Ketua Forum Lembaga Kesenian Kabupaten Semarang Romo Pudjiato, Ketua Umum Panji Pandanaran Kabupaten Semarang, Wisnu Wahyudi, Tokoh lintas agama, Ketua LKK se Kab Semarang dan para pelaku seni se-Kabupaten Semarang.

Ketua Forum Komunikasi LKK Romo Pujianto mengatakan dukungan tersebut berasal dari pelaku seni di 19 kecamatan. Setiap kecamatan mengelola tanda tangan dari kelompok seni yang berada di wilayah masing-masing. Baca Juga: Kecewa Pembangunan Stagnan, Komunitas Ambarawa Heritage Mantap Menangkan Ngebas

“Dukungan diberikan seluruh seniman dari berbagai kesenian tradisional dan modern. Diantaranya seni reog, rebana, drumblek, paguyuban ketoprak, karawitan, rodat, dan grup musik dari berbagai aliran. Semua kompak mendukung paslon Ngebas,” ujarnya kepada UNGARANNEWS.COM.

Dukungan suara tersebut diwujudkan tanda tangan lengkap dengan nama pendukung, dibubuhkan pada lembaran kain sepanjang 450 meter. Dikumpulkan mulai tanggal 2 Oktober hingga 22 November 2020 dengan cara merangkai kain tanda tangan setiap Kecamatan menjadi satu lembaran.

“Jadi dukungan tiap kecamatan tanda tangan di kain putih tersebut, lalu dijahit hingga panjangnya mencapai 450 meter. Kami memberikan dukungan untuk Ngebas dengan ikhlas tanpa paksaan apapun,” jelas Romo Pudjianto. Baca Juga: Keluhkan Sulit Mengurus Izin, STGI Nyatakan Mantap Menangkan Ngebas

Menariknya, sebelum penyerahan dukungan dilakukan prosesi bersih-bersih halaman Posko Pemenangan Ngebas di Jalan Fatmawati, Gading, Tuntang mengunakan sapu lidi dengan diiringi tari-tarian tradisional. Prosesi ini sebagai simbol harapan paslon Ngebas mampu membersihkan Kabupaten Semarang dari penghalang kemajuan.

Prosesi ritual dilanjutkan doa bersama perwakilan lintas agama serta pelepasan burung merpati. Dalam doa diungkapkan permohonan pelaksanaan Pilkada dapat berlangsung aman kondusif dan paslon Ngebas memenangkan Pilkada Kabupaten Semarang 2020.

Cabup Ngesti Nugraha didampingi Basari mengatakan seniman merupakan salah satu profesi yang terdampak Covid-19. Mereka tidak bisa pentas karena larangan kerumunan. Kondisi saat ini dirasa sangat memberatkan kehidupan pelaku seni.

“Kita akan memerhatikan dan meningkatkan kesejahteraan seniman lokal dengan menambah fasilitas berkesenian. Pemkab punya lahan seluas 4,5 hektar di Kelurahan Panjang, Ambarawa, kita akan bangun gedung kesenian di sana. Selain itu akan digunakan pusat kuliner, ruang terbuka publik, dan ruang kreativitas milenial,” jelas Ngesti.

Dikatakan, pandemi ini menjadi pembelajaran dan pengalaman, selanjutnya menggagas pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan sesuai profesi seniman. Mereka akan diberi pelatihan-pelatihan agar seniman tetap bisa berkarya dan bekerja. Baca Juga: Tali Jagat Deklarasi Menangkan Ngebas, Gus Fat: Baru Kali ini di Pilkada Seluruh Kiai Kompak Dukung Satu Paslon

Ditambahkan, pihaknya telah menyiapkan program untuk seniman dengan pemberian bantuan hibah akan dimaksimalkan melalui kegiatan pentas seni yang akan diselenggarakan secara virtual. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here