Angin puting beliung melanda desa Karangsono, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak menyebabkan ratusan rumah mengalami kerusakan dan 1 rumah roboh, Selasa (23/2/2021). FOTO:ISTIMEWA/UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. DEMAK- Sebanyak 180 rumah warga Desa Karangsono, Kecamatan Mranggen, Demak, rusak akibat diterjang angin puting beliung disertai hujan deras yang terjadi pada Selasa (23/2/2021) siang.

Satu rumah warga setempat bahkan roboh dan memaksa penghuninya mengungsi. Beruntung peristiwa yang terjadi sekitar pukul 14.45 WIB tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, sejumlah warga mengalami luka cukup serius di bagian kepala karena tertimpa genting

“Peristiwa puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 14.45 WIB, yang diawali dengan turun hujan kemudian disertai tiupan angin kencang sehingga mengakibatkan rumah-rumah warga mengalami kerusakan hingga ada yang roboh,” ujar Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak Agus Nugroho.

Salah satu korban luka, tercatat bernama Santoso (49) yang merupakan warga Desa Kuripan, Kecamatan Karangawen, Demak. Korban mengalami luka robek di kepala sepanjang 20 sentimeter dan menjalani rawat jalan di Puskesmas Mranggen.

“Korban mengalami luka ketika sedang melintas di Desa Karangsono saat terjadi peristiwa angin kencang,” ujarnya.

Agus Nugroho mengungkapkan tim BPBD sudah diterjunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi warga terdampak di Balai Desa Karangsono, Kecamatan Mranggen, dan gedung sekolah TK. Baca Juga: Puting Beliung Terjang Ambarawa dan Jambu, Rusak SPBU Ngampin dan Puluhan Rumah

Dalam rangka memenuhi kebutuhan makan dan minum warga terdampak, BPBD Demak juga mendirikan dapur umum secara darurat. Tim medis juga didatangkan untuk mengecek kesehatan warga terdampak, guna memastikan ada tidaknya warga yang terluka.

“Kita dirikan dapur umum dan posko kesehatan untuk warga yang terdampak puting beliung,” kata Agus.

Kabid Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Kabupaten Demak, Suprapto menambahkan, laporan sementara yang terdampak angin puting beliung di Desa Karangsono, Kecamatan Mranggen RT 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12 RW 2. Dalam foto yang dikirim Suprapto, tampak kerusakan rumah terbanyak di bagian atap.

Terlihat bagian genting warga jatuh berguguran. Puting beliung itu juga membuat bangunan dinding rumah warga roboh bahkan hingga rata dengan tanah. Selain itu juga ada laporan pohon tumbang. Pohon yang tumbang itu juga ada yang menimpa rumah warga. (dbs/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here