Bupati Semarang H Ngesti Nugraha bersama Kapolres Semarang AKBP Ari Wibowo dan Dandim 0714/Salatiga Letkol Loka Jaya Sembada mengecek makanan di Superindo Ungaran, Rabu (5/5/2021). FOTO:UNGARANNEWS

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN BARAT- Bupati Semarang H Ngesti Nugraha melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke dua toko swalayan besar di Ungaran, Rabu (5/5/2021).

Sidak dilakukan untuk memastikan bahan makanan dan dagangan lainnya yang dijual masih layak konsumsi dan tidak kedaluwarsa menjelang Lebaran tahun ini.

Di Swalayan Luwes, Bupati yang didampingi Kapolres Semarang AKBP Ari Wibowo dan Dandim 0714 Letkol Inf Loka Jaya Sembada berkeliling di rak etalase kebutuhan pokok dan makanan kemasan.

Peninjauan diikuti pengelola Pasar Swalayan. Beberapa jenis makanan dan minuman kemasan diperiksa langsung oleh Bupati dan Forkompimda. Hasilnya, tidak ditemukan bahan makanan yang kedaluwarsa.

Pemeriksaan dilanjutkan di Superindo Ungaran, Bupati dan Forkompimda juga tidak menemukan yang tidak layak beli.

“Kegiatan Sidak ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan harga pangan serta kualitas pangan yang akan dikonsumsi menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 1442 H / 2021,” ujar Bupati Ngesti Nugraha.

Bupati menyatakan berkomitmen melindungi warga yang berbelanja di pasar swalayan. Hak warga sebagai konsumen mendapat barang bermutu terpenuhi.

Kapolres Semarang AKBP Ari Wibowo menambahkan bagi pasar swalayan dan pasar tradisional agar menerapkan protokol kesehatan secara masif dan mengurangi kerumunan guna mencegah klaster penyebaran Covid 19.

“Kami telah mengimbau kepada pengelola Pasar Swalayan dan Pasar Tradisional di Kabupaten Semarang selain menjaga ketahanan pangan dan kualitas pangan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna masyarakat Kabupaten Semarang yang sehat dan aman,” ujarnya.

Pengelola supermarket diingatkan tidak segan menutup akses masuk pasar jika jumlah pengunjung telah memenuhi aturan pembatasan yang ditentukan agar tidak berdesakan. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here