Apel patroli pengawasan kawal hak pilih di halaman kantor Bawaslu Kabupaten Semarang, Senin (27/2/2023). FOTO:UNGARANNEWS

UNGARAN TIMUR. UNGARANNEWS.COM– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Semarang menggelar kegiatan Apel Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih dalam pelaksanaan pengawasan tahapan pemutakhiran data pemilih untuk Pemilu 2024, pada Senin (27/2/2023) pagi.

Kegiatan dilangsungkan di halaman kantor Bawaslu Kabupaten Semarang diikuti oleh seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten Semarang, beserta Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa di wilayah sekitar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang Mohammad Talkhis yang bertindak sebagai pembina apel, menyampaikan bahwa kegiatan apel hari ini menjadi sebuah tanda dimulainya patroli pengawasan hak pilih yang digelar serentak se-Indonesia sebagai bentuk komitmen Bawaslu dalam menjaga hak pilih warga masyarakat.

Menurutnya, tujuan dilaksanakannya apel patroli kawal hak pilih salah satunya untuk sosialisasi kepada masyarakat mengenai kesadaran akan status hak pilihnya sejak tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) hingga pemungutan suara. BACA JUGA: Sidak Harga Bahan Pokok, Bupati tak Temukan MinyaKita di Swalayan

“Sebagai bentuk komitmen Bawaslu dalam menjaga hak pilih masyarakat, kegiatan patroli pengawasan akan dilaksanakan minimal dua kali dalam sepekan, khusus pada tahapan yang berjalan saat ini fokus kami (Bawaslu Kabupaten Semarang–red) adalah untuk memastikan adanya tindak lanjut terhadap saran perbaikan atau ketidaksesuaian kinerja KPU sampai petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih),” ucap Talkhis.

Selanjutnya, pihaknya akan mendatangi pemilih rentan yang berpotensi terabaikan hak pilihnya dan berpotensi disalahgunakan hak pilihnya seperti pemilih disabilitas, masyarakat adat, masyarakat yang tidak berdomisili sesuai dengan KTP, serta masyarakat yang telah meninggal dunia namun masuk dalam data atau daftar pemilih di KPU.

Masih menurut Talkhis, Bawaslu juga membentuk posko kawal hak pilih yang disediakan untuk menerima aduan/laporan dari masyarakat yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2024. (ril/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here