Panen jagung di Dusun Bantir, Desa Losari, Sumowono di lahan milik TNI di dekat kompleks Barak TNI di Bantir, Senin (27/2/2023) pagi. FOTO:IST/UNGARANNEWS

SUMOWONO. UNGARANNEWS.COM- Puluhan warga Dusun Bantir, Desa Losari, Sumowono dan anggota TNI melakukan panen jagung di lahan milik TNI di dekat kompleks Barak TNI di Bantir, Senin (27/2/2023) pagi tadi.

Hadir pada acara itu Komandan Kodim 0714 Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, Pabandya Wanwil Kodam IV Diponegoro Mayor Inf Ambar, perwakilan Forkompimda dan undangan lainnya.

Dijelaskan oleh Dandim panen merupakan kelanjutan penanaman jagung massal yang dipimpin Pangdam IV Diponegoro di lokasi yang sama pada November tahun lalu. Kegiatan ini dalam rangka untuk mewujudkan ketahanan pangan. Sekaligus untuk memanfaatkan lahan tidur agar dapat bermanfaat bagi warga sekitar.

“Kita menggandeng berbagai instansi memanfaatkan lahan tidur milik TNI AD sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat seputaran tanah yang belum termanfaatkan,” terang Dandim. BACA JUGA: Tekan Inflasi, Pemkab Semarang Operasi Pasar Beras Murah

Disebutkan setelah tanam hingga panen perdana, proses yang sama akan terus dilanjutkan oleh para petani penggarap. Diharapkan ke depan tidak hanya untuk penanaman jagung, tapi sesuai kontur tanah di Sumowono cocok juga ditanami pisang, bawang, padi, sayuran dan lainnya.

“Program ini akan terus berlanjut. Pokoknya tanah tidur jangan sampai dibiarkan nganggur. Tentu tidak ada lagi prosesi seremonial, tidak ada lagi pembukaan masa tanam dan panen seperti ini,” tandasnya.

Pada kesempatan itu pula Dandim, perwakilan Kodam IV Diponegoro dan jajaran Forkompimda menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga penggarap. (abi/tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here